Hukum & Kriminal

Polisi ‘Gaul’ AKBP Raden Bagoes Wibisono Jabat Kapolres Malang

Malang (beritajatim.com) – Tampuk kepemimpinan Kepolisian Resor Malang berganti. Wilayah penegakan hukum terluas bagi Korps Bhayangkara di Jawa Timur ini, akan ditempati AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah.

Raden Bagoes akan menggantikan AKBP Hendri Umar yang memasuki masa akhir jabatan sebagai Kapolres Malang. Hal itu sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1129/VI/KEP/2021 yang dikeluarkan 1 Juni 2021.

Sosok Hendri Umar sendiri, masuk Polres Malang tahun 2020, menggantikan AKBP Yade Setiawan Ujung yang menjadi Wakapolrestabes Bandung ketika itu.

Hendri Umar SIK lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 2002. Pria asal Solok, Sumatera Barat itu pernah menempati jabatan sebagai Kanit Idik V Satreskrim Polwiltabes Surabaya, Kanit Idik V Satreskrim Polrestabes Surabaya, Kanit III Turjawali Subdit Gasum Ditsabhara Polda Jawa Timur, Paur Subbag Renminops Bag Binops Roops Polda Jawa Timur, Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, dan Kanit III Subdit III Ditreskrimum Polda Jawa Timur.

Hendri Umar juga pernah menjabat sebagai Kasubbag Bungkol Spripim Polri sebelum akhirnya menduduki jabatan sebagai Kapolres Malang.

Dalam Surat Telegram Kapolri terbaru, Hendri Umar akan dimutasi sebagai Pamen Divkum Polri. Sebagai gantinya, Kapolres Madiun AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah akan menjadi Kapolres Malang.

Sosok Kapolres Madiun, Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah sendiri pernah menjabat sebagai Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah juga dikenal dengan sebutan Polisi ‘Gaul’ yang pernah menorehkan sejumlah prestasi. Diantaranya, Raden Bagoes Wibisono menerima tanda kehormatan Satya Lancana Operasi Kepolisian tahun 2019 dan Satya Lencana Bhakti Buana tahun 2019.

Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah juga pernah mendapatkan penghargaan saat ungkap kasus peredaran narkotika sebanyak 288 Kilogram Sabu asal Iran di Tangerang pada awal tahun 2020 lalu. Bahkan, Polisi ‘Gaul’ itu semakin menjadi buah bibir kala mempersunting Polisi Wanita (Polwan) yang berparas cantik pada 3 Mei 2014 silam. Ialah Briptu Eka Ftestya Yulianti, yang juga sebagai presenter National Traffic Management Center (NTMC).

Plt Kabag Humas Polres Malang Aipda Nova Hanta Putra membenarkan kabar mutasi tersebut. “Ya benar, akan adanya mutasi Kapolres di wilayah Kabupaten Malang dan hal ini rutin dilakukan 1 sampai 2 tahun sekali sebagai penyegaran dilingkungan kepolisian” tuturnya, Rabu (2/6/2021).

Menurutnya, AKBP Hendri Umar, menjabat Kapolres Malang mulai Februari 2020, kala itu AKBP Hendri Umar menggantikan AKBP Yade Setiawan Ujung yang menjadi Wakapolrestabes Bandung. “Selama setahun di Malang banyak prestasi yang telah diraih AKBP Hendri Umar, mulai dari pelayanan kinerja yang meningkat, ungkap kasus, inovasi pelayanan publik hingga berbagai penghargaan atas capaian selama satu tahun menjabat sebagai Kapolres Malang,” tegasnya.

Nova juga menyampaikan terkait prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) masih menunggu instruksi dari Polda. “Untuk sertijabnya masih nunggu instruksi dari Polda, yang dimungkinkan dalam waktu dekat ini,” pungkasnya. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar