Hukum & Kriminal

Polisi dan TNI Amankan Perayaan Waisak di Wihara Dharma Dwipa

Sebanyak 75 umat Budha di Dusun Sodong Desa Gelangkulon Kecamatan Sampung lakukan ritual peringatan Waisak. (Foto/Polsek Sampung)

Ponorogo (beritajatim.com) – Perayaan hari raya Waisak 2565 Buddhis Era Tahun 2021 dirayakan oleh umat Budha di Dukuh Sodong Desa Gelangkulon Kecamatan Sampung Ponorogo. Perayaan yang dilakukan di Wihara Dharma Dwipa itu dilaksanakan pada Rabu (25/5) petang.

Rangkaian perayaan Waisak mulai dari kegiatan Amisa pujaan, Pembukaan, Puja bakti detik-detik Waisa, pesan Waisak dan penutup. Kemudian dilanjutkan dengan sungkeman dan ramah tamah. Perayaan tersebut dipimpin oleh Bapak Suwandi, tokoh agama Budha setempat. Sedikitnya ada 75 orang umat Budha, yang hadir dalam perayaan tersebut.

Demi kelancaran perayaan hari raya Waisak itu, anggota polisi dari Polsek Sampung diterjunkan untuk melakukan pengamanan. Selain itu, petugas juga untuk melakukan monitoring dan memastikan perayaan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Pengamanan juga bersama dengan Koramil Sampung.

“Kegiatan pengamanan ini, dalam rangka memberikan pelayanan dan rasa aman kepada warga masyarakat. Khususnya kepada umat Budha yang saat ini tengah merayakan hari Waisak di Dusun Sodong ini,” kata Kapolsek Sampung IPTU Marsono, Rabu (25/5/2021) malam.

Diharapkan seluruh rangkaian kegiatan perayaan hari raya Waisak di wilayah hukum Polsek Sampung ini, dapat berjalan dengan aman dan kondusif. Selain itu yang tidak kalah pentingnya, bagaimana perayaan itu tidak menimbulkan penularan Covid-19. Sebab, diketahui bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Polsek Sampung tidak ambil resiko, yakni dengan melakukan monitoring ketat prokes.

“Umat Budha yang merayakan hari raya Waisak ini, kami pastikan tetap mematuhi prokes untuk mencegah Covid-19,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar