Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Polisi Ciduk Pelaku Vandalisme Corat-Coret Mobil Mewah di Lamongan

Kasat Reskrim Polres Lamongan, AKP Yoan Septi Hendri, saat memberikan keterangan kepada wartawan dalam konferensi pers, Kamis (16/12/2021), di Mapolres Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Pasca kejadian viral aksi vandalisme terhadap mobil mewah yang terparkir di bahu Jalan Soewoko, Tlogoanyar, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Sat Reskrim Polres Lamongan berhasil menciduk 1 pelaku.

Sebelumnya, kejadian ini sempat viral di media sosial yang menayangkan mobil sedan bermerk Honda Civic tahun 2019 warna putih telah dicoret-coret menggunakan pilox dengan kalimat cacian warna hitam.

Coretan itu bertuliskan ‘Bangsat’, ‘Cox’, dan kata lain yang terlihat kurang jelas bacaannya. Mobil itu terletak di bahu jalan dan posisi parkirnya terjepit di antara dua mobil yang juga terparkir di sana.

“Pelaku sudah ditemukan, ia berinisial MAF (44) seorang wiraswasta, dan saat ini kami mintai keterangan,” ujar Kasat Reskrim Polres Lamongan, AKP Yoan Septi Hendri, kepada wartawan, Kamis (16/12/2021).

Kendati demikian, mengenai motif pelaku, AKP Yoan menuturkan, hingga kini masih proses pendalaman dan pemeriksaan. “Kami masih mengembangkan kasus ini, apa motif dari pelaku, dan apakah ada pelaku lain yang juga terlibat dalam aksi vandalisme ini,” imbuhnya.

Menurut AKP Yoan, saat ini pelaku masih berstatus wajib lapor. Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa alat pilox, celana warna hitam, dan pakaian yang digunakan pelaku.

“Pelaku dijerat Pasal 489 ayat 1 KUHP, tentang kenakalan terhadap orang atau barang yang dapat menimbulkan bahaya, kerugian atau kesusahan, diancam dengan pidana denda paling banyak Rp 225 ribu,” terangnya.

Sementara itu, Pemilik Mobil Sedan Civic, Delva Eris Meirinda mengatakan, aksi vandalisme tersebut terjadi pada hari kamis (9/12/2021) lalu, sekitar pukul 14.30 WIB. Aksi itu pertama kali diketahui oleh karyawannya yang bernama Andi.

Atas kejadian ini, Delva yang sebelumnya mengaku tak melaporkan aksi vandalisme karena menunggu i’tikad baik dari pelaku, namun kini ia telah melaporkannya ke pihak kepolisian. “Iya, kami sudah melaporkannya, Mas. Masih menunggu konfirmasi aja dari Pihak Polres,” tuturnya saat dihubungi via Whatsapp, Kamis (16/12/2021).

Selanjutnya, akibat kejadian ini, mobil Honda Civic milik pengusaha produk kecantikan tersebut harus dibawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan. “Untuk taksiran kerugian sih enggak banyak. Toh, ini hanya pilox saja dan bisa dihilangkan. Mobil telah dibenerin di bengkel, karena juga ada baret-baret, kemungkinan tergesek,” pungkasnya.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar