Hukum & Kriminal

Polisi Bekuk Pencuri Tabung Fotokopi Milik Pesantren

foto/ilustrasi

Jombang (beritajatim.com) – Polsek Peterongan, Jombang, membekuk Umar Ffendi (40), warga Desa/Kecamatan Peterongan, Rabu (3/7/2019). Dia diduga mencuri tabung fotokopi milik PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Rejoso, Peterongan.

Kapolsek Peterongan AKP Sugianto mengatakan, pelaku yang berprovesi sebagai tukang servis mesin fotokopi ini menjalankan aksinya pada Senin (2/7/2019). Awalnya, Umar berangkat dari rumah dengan maksud hendak menukar tabung mesin fotokopi yang rusak di daerah Jogoroto.

Namun hal itu tidak membuahkan hasil. Selanjutnya, Umar berjalan menuju PPDU. Saat melintas, dia melihat mesin fotokopi yang ada di teras dan tidak ada penunggunya. Umar punya niat untuk mengambilnya. Sejurus kemudian pelaku membongkar mesin tersebut menggunakan obeng.

Tak membutuhkan waktu lama, Umar berhasil mengambil satu unit tabung mesin fotokopi dan dimasukkan ke tas ransel miliknya. Umar lantas menaruh tabung mesin fotokopi miliknya yang rusak itu di sebelah mesin fotokopi milik pondok PPDU.

Apes bagi Umar, saat hendak meninggalkan lokasi, dia ketahuan salah satu penghuni. Pelaku kemudian ditangkap dan diserahkan ke pos kemanan pondok. Oleh petugas keamanan pesantren, pelaku diserahkan ke polsek setempat. Kepada petugas, Umat tak mampu berkelit. Dia mengakui semua perbuatannya.

“Selain menangkap pelaku, kami juga menyita barang bukti berupa obeng dengan gagang warna biru, ransel, serta tabung mesin fotokopi. Atas perbuatannya, dia dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian biasa,” pungkas Kapolsek. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar