Hukum & Kriminal

Polisi Bekuk Pelaku Pencurian 7 Kali di Perum Sidokare Asri

Sidoarjo (beritajatim.com) – Satreskrim Polresta Sidoarjo meringkus F, warga Desa Sepande Keamatan Candi, yang diduga beberapa kali melakukan pencurian dengan pemberatan (curat) di rumah Mustain, warga perumahan Sidokare Asri Sidoarjo, Rabu (15/4/2020).

Pelaku yang di kampung terkenal sebagai Ketua RT 13 RW 04 Dusun Krajan Desa Sepande Kecamatan Candi itu, ditangkap saat sedang nongkrong depan rumah bersama warga setempat.

Pelaku melakukan pencurian di rumah korban dengan berbagai cara, mulai menjebol pintu beserta kusennya, tembok belakang rumah dan lainnya.

Aksi pencurian pernah dilakukan mulai siang dan malam hari. Aksinya dilakukan saat kondisi rumah korban sepi atau ditinggal penghuninya keluar. “Pelaku ini sudah mengetahui kondisi rumah saat siang maupun malam. Pelaku ini biasanya disuruh untuk benah-benah kerusakan yang ada di rumah korban,” ucap sumber di kepolisian.

Kecurigaan polisi sudah mengarah ke tukang kepercayaan korban. Dugaan itu dikuatkan dengan temuan HP korban yang dicuri, dijual ke warga Tulangan. “HP korban yang dicuri, dijual ke temannya di daerah Tulangan. Dari saksi di Tulangan, bahwa HP korban tersebut dibeli dari pelaku F,” ungkapnya.

Kepada polisi, pelaku mengaku melakukan pencurian tiga kali di rumah korban. Namun polisi terus mendalami karena laporan korban di tahun 2019, rumahnya jadi sasaran pencurian 7 kali.

Dari CCTV milik korban, pelaku yang masuk rumah dengan menggunakan masker wajah, ciri-cirinya sama dengan pelaku sebelumnya.

“Bentuk tubuh dan tinggi badan mirip pelaku F. Bahkan di dalam rumah leluasa dan seolah sudah mengetahui seluk-beluk maupun kondisi rumah korban. Polisi yakin pelakunya ya bapak dua anak ini,” tegas sumber tersebut.

Anita, salah satu keluarga korban membenarkan adanya penangkapan terhadap F yang diduga kuat selama ini menyatroni rumah Eliana Hidayati, kakak perempuannya atau isteri Mustain tersebut.

“Tadi pagi, keluarga F, mulai isteri, anaknya dan kakaknya, meminta maaf kepada keluarga kami atas perbuatan yang yang dilakukan F. Kami memaafkan, untuk proses hukum, kami serahkan ke aparat kepolisian. Barang-barang berharga, uang keluarga kami yang hilang dicuri,” imbuh Anita.

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi membenarkan penangkapan terhadap F, pelaku pencurian beberapa kali di rumah korban Mustain. “Iya udah ketangkap,” jawabnya via pesan WhatsApp.

Seperti diberitakan sebelumnya, berbagai cara sudah dilakukan pasutri, Mustain dan Eliana Hidayati untuk keamanan di rumahnya. Mulai ganti kunci, gembok bahkan di pagar besi secara keliling rumahnya agar tidak disatroni maling.

Pencuri kesulitan masuk karena pagar besi dipasang sekeliling. Kali ke 7 kemalingan dalam kurun waktu beberapa bulan, pelaku berhasil dengan cara menjebol tembok belakang yang tembus dengan dapur.

Ternyata dugaan pelakunya adalah tukang bangunan kepercayaan yang selama ini disuruh-suruh membetulkan atap, genting maupun kerusakan di rumah korban. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar