Hukum & Kriminal

Polisi Bagikan Helm untuk Pengemudi yang Taat Aturan

Kapolres Ponorogo AKBP. Arief Fitrianto memberikan helm kepada anak kecil.(foto : Humas Polres Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pada dua minggu ke depan, Polres Ponorogo giat melakukan Operasi Zebra Semeru. Dalam operasi tersebut, bukan hanya menindak pengemudi yang melanggar. Tetapi juga mengapresiasi pengemudi yang tertib dan taat dalam berlalulintas. Seperti yang dilakukan jajaran polisi di bumi reyog. Mereka memberikan helm bagi pengendara yang tertib dan tidak melanggar aturan.

“Kami memberikan helm untuk anak kecil. Bentuk apresiasi kami terhadap pengendara yang tertib lalu lintas,” Kapolres Ponorogo AKBP. Arief Fitrianto, Kamis (24/10/2019).

Pembagian helm tersebut, kata Arief pada saat jajarannya mengadakan razia di Jalan Trunojoyo, Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan Ponorogo. Pengemudi yang melintas di jalan itu, baik yang menggunakan roda dua dan roda empat, diberhentikan oleh para petugas. Mereka diperiksa terkait kelengkapan surat-suratnya. Seperti surat izin mengemudi (SIM) maupun STNK. “Yang melanggar tentu akan diberikan surat tilang,” katanya.

Untuk memudahkan kepengurusan penilangan, Polres Ponorogo sengaja mengundang dari Kejaksaan dan Pengadilan negeri untuk melakukan sidang di tempat. Selain itu pihaknya juga sosialisasikan kepada masyarakat bagaimana prosedur penilangan sebenarnya. “Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat mengetahui bagaimana alur penilangan yang sebenarnya,” katanya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Bambang Prakoso menyatakan bukan hanya pengendara yang surat–suratnya belum lengkap yang akan ditilang. Namun kendaraan sepeda motor maupun mobil yang tidak sesuai spesifikasi juga dilakukan penilangan. “Besar harapan kami, kegiatan ini akan mengurangi jumlah laka lantas di Ponorogo,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar