Hukum & Kriminal

Polisi Bagikan Helm Gratis ke Pengguna Jalan di Kota Malang

Kapolres Malang Kota, AKBP Doni Alexander memberikan helm gratis ke pengguna jalan.

Malang(beritajatim.com) – Polres Malang Kota melakukan operasi zebra di Jalan Basuki Rahmat, Kota Malang, pada Selasa, (29/10/2019). Dalam operasi ini polisi mengedepankan langkah simpatik dengan membagikan helm, bunga dan cokelat secara gratis ke pengguna jalan yang terjaring operasi.

Kapolres Malang Kota, AKBP Doni Alexander mengatakan, ada 35 helm 100 bunga dan cokelat yang dibagikan ke pengguna jalan. Sasaranya adalah pengendara yang tidak menggunakan helm, maupun tidak mengenakan helm SNI.

“Kami ingatkan pentingannya tertib lalu lintas. Sebagian besar masyarakat sudah tertib, hanya sebagian kecil saja yang melanggar. Kita siapkan 35 helm, 100 bunga dan cokelat untuk aksi simpatik kali ini,” kata Doni.

Doni mengatakan, operasi zebra dilakukan mulai 24 Oktober hingga 5 November. Operasi zebra 80 persen mengedepankan penegakan hukum, sedangkan 20 persen dilakukan dengan cara simpatik. Dari puluhan pengendara roda dua itu mayoritas yang diberi helm gratis adalah anak-anak kecil yang dibonceng oleh orangtua mereka.

“Kita berikan helm cuma-cuma, tidak kita tilang tapi kita berikan tindakan simpatik. Kepada seluruh orangtua, bila menggunakan roda dua berikan helm ke anak untuk keselamatan pengendara dan keselamatam anaknya,” papar Doni.

Sementara itu, salah satu pengendara roda dua yang terjaring razia, Gunawan mengaku senang mendapat helm gratis dari Polres Malang Kota. Dia berjanji helm yang diberikan oleh polisi bakal digunakan selamanya oleh dua anaknya agar tertib berlalu lintas di jalan.

“Dapat dua helm. Ya saya senang selama ini anak saya gak pernah pakai helm. Ini nanti ya akan digunakan untuk tertib berlalu lintas,” tandas Gunawan. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar