Hukum & Kriminal

Polda Ungkap Penyelundupan Sabu 50 Kg dari Malaysia

Surabaya (beritajatim.com) – Polda Jatim berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 50 kilogram lebih yang dikirim dari Malaysia menuju sejumlah daerah di Jawa Timur. Pengiriman narkoba itu menggunakan modus pengemasan dalam kaleng cat. Barang kiriman dari Tenaga Kerja Indonesia yang ada di Malaysia itu, akan dikirim ke Sampang, Pamekasan dan Jember.

“Penyelidikan kasus narkoba ini membutuhkan waktu cukup panjang. Sebab jaringan narkoba internasional ini mengirim barang secara terus menerus sampai lima kali,” jelas Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, dalam rilisnya di Mako Polresta KP3 Tanjung Perak, Rabu (31/7/2019).

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, pengungkapan narkoba senilai Rp 10 Miliar tersebut, merupakan penyelidikan sejak bulan Februari 2019 lalu. Bahkan, para pelaku telah mengirimkan barang haram tersebut setiap bulannya. Tercatat, para pelaku mengirimkan barang dari bulan Februari, Maret, April dan terakhir bulan Juli ini.

Sementara menurut informasi tim Bea dan Cukai Tanjung Perak dan kepolisian, pengiriman barang haram ini mencurigakan karena dikemas dalam kaleng cat bekas. “Selain tong cat bekas atau sudah pernah dibuka, pengiriman impor barang mencurigakan karena jumlahnya sedikit,” terang alumni akpol 87 ini. (man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar