Hukum & Kriminal

Polda Jatim Ungkap Sindikat Pemalsuan Surat Kendaraan, 3 Tersangka Diamankan

Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Pitra Ratulangi

Surabaya (beritajatim.com) – Tim opsnal Resmob Jogoboyo Unit II Kriminal Umum Polda Jatim berhasil mengungkap sindikat pemalsuan surat kendaraan, dari pengungkapan kasus ini tiga orang ditetapkan tersangka.

Mereka adalah Siti Khoiriyah (39) warga Jember, Rois Sudin (40) warga Malang dan Suparman (42) PNS asal Malang.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jatim Pitra Andrias Ratulangi menyatakan penangkapan terhadap ketiga tersangka dilakukan pada Jumat  25 Juli 2020 oleh anggota Opsnal Resmob Jogoboyo Unit II dipimp Kompol Efendi Lubis.

“Tiga tersangka kita jerat pasal 263 ayat (1),(2) dan pasal 264 ayat (2),” ujar Pitra saat dikonfirmasi beritajatim.com, Sabtu (8/8/2020).

Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan beberapa lembar STNK, satu mobil Avanza dan satu mobil Agya.

Kombes Pitra

Adapun modus operandi yang dilakukan para tersangka adalah dengan merubah STNK kendaraan dengan data palsu serta sebagai pendukung agar pembeli mobil yakin dan percaya .

Kemudian menjual mobil dengan harga lebih miring di bandingkan harga mobil pada umumnya sehingga membuat pembeli lebih tergiur

“Tersangka juga mengganti huruf atau angka yang ada di STNK mirip seperti aslinya , sehingga secara kasat mata pembeli tidak mengetahui bahwa STNK tersebut sudah di rubah sendiri,” tambah Pitra.

Saat ini tiga tersangka ditahan di rutan Polda Jatim. [uci/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar