Hukum & Kriminal

Polda Jatim Terus Dalami Kasus Rasisme ke Mahasiswa Papua

Surabaya (beritajatim.com) – Polda Jatim terus mendalami penyidikan kasus Rasis ke mahasiswa Papua, hal itu sesuai dengan intruksi Presiden Joko Widodo yang memerintahkan kepolisian untuk mengusut tuntas pihak yang melontarkan ujaran Rasis tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan lanjutan sampai saat ini. “Karena ini sesuai perintah Presiden, perintah Kapolri, terkait rasisme harus dituntaskan,” kata Barung, Sabtu (24/8/2019).

Barung mengatakan, pihaknya tak akan pandang bulu untuk menindak siapapun pihak yang melakukan rasis. “Siapapun juga, mau TNI, Polri, mahasiswa, apalagi OKP,” tegasnya.

Sejauh mana penyidikan tersebut? Barung menyebut pihaknya telah memeriksa lima korlap dari ormas Surabaya yang sempat mendatangi Asrama Mahasiswa Papua. Pemeriksaan dilakukan di Polrestabes Surabaya.

Salah satu yang diperiksa yakni Tri Susanti atau Mak Susi. Namun, Barung mengatakan hasil pemeriksaannya masih diproses. “Betul, termasuk Susi pemeriksaannya di Polrestabes,” imbuh Barung.

Saat disinggung terkait pemeriksaan oknum TNI yang terlibat, Barung mengatakan proses ini masih dilakukan pihak Kodam V/Brawijaya. “Kalau TNI tanyakan sama Kapendam,” pungkas Barung. [uci/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar