Hukum & Kriminal

Polda Jatim Gerebek Home Industri Kue Kering Berbahan Telur Busuk

Lumajang (bertajatim.com) – Ditreskrimum Polda Jatim gelar olah TKP di sebuah rumah dijadikan industri kue kering berbahan telur busuk, milik Imam Syafi’i (43) warga Dusun Munder Desa Tukum Kecamatan Kota Lumajang. Kue Bidaran yang dijual belikan oleh Imam tersebar di Jawa Timur dikeluhkan oleh warga setempat.

“Tim Ditreskrimum mendapat laporan dari warga mengenai pembuat kue dari campuran telur busu,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko pada wartawan di lokasi penggrebekan dan olah TKP.

Masih kata dia, indutri kue rumah juga tidak berijin baik produksi dan edar. Sehingga kue yang dihasilkan sangat meragukan dari sisi kesehatan.

“Dari hasil uji memang ditemukan kandungan zat berbahaya,” paparnya, Selasa (7/1/2020).

Imam Syafi’i awalnya membantah saat dibawa oleh Tim Polda Jatim mengenai bisnis pembuata kue kering Bidara. Namun, dia mengakui mengenai telur busuk dipasok dari Probolinggo sekitar 3-5 ribu butir sekali kirim.

“Harga telur busuk untuk campuran bahan kue senilai tiga ratus rupiah,” jelas Trunoyudo.

Dari olah TKP, petugas mendapat berbagai macam bahan pembuatan kue bidara dari cat pewarna dan telur busuk. Kemudian dibawa ke Mapolda Jatim untuk penyelidikan sebagai barang bukti. Pelaku untuk sementara dijerat dengan  UU RI No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. (har/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar