Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

PN Jombang Jatuhkan Vonis 11 Bulan Penjara untuk Muncikari Jaksa Cabul

Hakim Ida Ayu Masyuni, SH. MH. saat membacakan amar putusan

Jombang (beritajatim.com) – Seorang muncikari berinisial B (17) dijatuhi hukuman 11 bulan penjara oleh PN (Pengadilan Negeri) Jombang, Jumat (23/9/2022). B adalah penyedia jasa prostitusi atau muncikari terhadap perkara pejabat Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro, AH.

Persidangan tersebut dengan hakim tunggal, Ida Ayu Masyuni, SH. MH. Selain hukuman badan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus anak di Blitar, terdakwa juga harus menjalani pelatihan kerja selama 4 bulan.

Dalam pembacaan amar putusan, Ida mengatakan bahwa B yang merupakan anak berhadapan dengan hukum (ABH) terbukti bersalah melanggar pasal pasal 88 jo pasal 76 I UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2022 tentang Perlindungan Anak. “Oleh sebab itu, hakim menjatuhkan pidana penjara selama 11 bulan serta pelatihan kerja selama 4 bulan sesuai dengan petunjuk dinas sosial,” ujar Ida.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya, JPU menuntut pidana penjara selama 1 tahun dan pidana tambahan mengikuti pelatihan kerja selama 6 bulan. Hal yang meringankan terdakwa adalah masih di bawah umur, sekaligus masih berstatus pelajar.

Sementara itu, terkait pemindahan lokasi penahanan B ke Lapas khusus anak Blitar, hakim menyebut hal itu merupakan bentuk perlindungan kepada terdakwa. Usai mendengar putusan hakim PN, terdakwa yang mengikuti jalannya persidangan di Lapas Jombang menyatakan menerima.

Demikian halnya JPU Endang Dwi Rahayu yang mengikuti persidangan di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang. Kendati, putusan utu lebih rendah dari tuntutan. Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Achmad Umar Faruk mengatakan pihaknya juga menerima vonis tersebut. Terlebih ABH yang didampinginya, juga telah menerima. “Kami menerima putusan tersebut,” kata Faruk.

Seperti diberitakan sebelumnya, B ditangkap di sebuah hotel di Jl Gus Dur Jombang, Agustus lalu. B ditangkap bersama dengan AH, oknum jaksa dari Kejari Bojonegoro saat sedang mencabuli anak laki-laki di sebuah hotel di Jombang. B di luar kamar. Sedangkan AH berada dalam kamar bersama korban. B bertugas sebagai muncikari yang mengenalkan korban dengan AH. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev