Hukum & Kriminal

PN Bojonegoro Sidangkan 114 Perkara Pelanggaran Protokol Kesehatan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro mengerahkan semua majelis hakim guna menyidangkan kasus tindak pidana ringan (Tipiring) pelanggar penerapan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Humas PN Bojonegoro Isdaryanto mengungkapkan, hari ini penyidik Polres Bojonegoro telah melimpahkan 114 berkas perkara, terdakwa, serta barang bukti pelanggar protokol kesehatan. Khususnya penggunaan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. “Sekarang masih berjalan dan melibatkan semua anggota untuk sidang,” ujarnya, Kamis (24/9/2020) petang.

Sesuai dengan peraturan KUHAP, persidangan tipiring tersebut berbeda dengan pidana umum lainnya. Salah satunya, dari cara proses persidangan lebih cepat, dan kasus yang sudah diputus baru mendapat nomor register perkara. “Jadi, jika terdakwa ini berhalangan hadir maka tidak bisa mendapat nomor register perkara,” terangnya.

Sidang tipiring pelanggar protokol kesehatan khususnya penggunaan masker tersebut merupakan kali ketiga. Pada sidang pertama ada 21 berkas perkara dan sidang kedua sebanyak 17 berkas perkara. Persidangan digelar di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Sidang tipiring yang digelar ini tidak seperti sidang-sidang lainnya. Biasanya, PN Bojonegoro hanya menyidangkan kasus pidana umum rata-rata perhari sebanyak 16 perkara. “Saat ini masih bisa melayani dengan baik dengan adanya koordinasi yang baik dengan instansi terkait,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, sidang tipiring itu digelar sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, Dan Pelindungan Masyarakat.

Serta Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro Nomor 38 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Di Kabupaten Bojonegoro. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar