Hukum & Kriminal

Pil Koplo Berlabel Vitamin B Beredar Lagi di Surabaya

Petugas menyita pil koplo berlabel Vitamin B

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah lama menghilang, Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya, menyita pil kplo jenis dobel L berlabel Vitamin B1. Jumlah pil tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan pengungkapkan awal 2020.

Wakasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, Kompol Heru Dwi Purnomo menjelaskan, pengungkapan ini berawal dari adanya laporan peredaran pil tersebut. Benar saja, saat dilakukan pengecekan ternyata ada peredaran obat keras yang sudah lama.

Setelah dilakukan penyelidikan dan pengejaran, petugas mengamankan pelaku bernama Khusnul Ulum (29), warga Taman, Sidoarjo. “Kita lakukan pengecekan mendapati 234 ribu pil LL dalam 4 kardus. Kemudian kita kembangkan dan mengamankan sabu seberat 488 gram. Memang pil LL berlogo Vitamin B1 ini sudah lama hilang dan kini beredar lagi,” jelasnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (11/11/2020).

Menurut data kepolisian, barang haram ini lebih banyak dikonsumsi oleh anak muda. Generasi muda memilih mengonsumsi ini karena harganya murah. Setidaknya uang Rp 20 ribu dapat paket murah berisi obat 10 hingga 20 butir.

“Bisa bikin orang seperti tak sadarkan diri. Lemas dan bergaya lesu tak bisa beridiri tegap atau sentoyongan kalau berdiri. Karena obat ini bekerja melemahkan saraf dan otak,” tandasnya.

Sementara selain mengamankan ratusan ribu pil LL, petugas juga mengamankan 1,8 kg sabu. Keempat pelaku yang tiga diantaranya diamankan di Madura dan Lamongan ini akan dijerat UU penyalahgunaan narkotika pasal 112 JO 114. [man/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar