Hukum & Kriminal

Pesan Pangdam V Brawijaya: Desa di Gresik yang Masuk Zona Hijau Jangan Lengah

Gresik (beritajatim.com) – Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto berpesan desa di Gresik yang masuk zona hijau jangan lengah, atau menganggap enteng. Penegasan ini disampaikan saat jenderal bintang dua itu
meninjau posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Mantan Dandim 0817 Gresik itu juga meninjau dapur Umum dan lumbung pangan yang berada di Balai Desa Sukorejo, posko kesehatan, produk UMKM. dan rumah isolasi.

“Posko di Desa Sukorejo tidak kalah dengan di Surabaya, ini harus dipertahankan bukan seremonial, jangan dipertahankan saat ada kunjungan saja. Saat melaksanakan PPKM dengan baik yang merasakan warga Sukorejo sendiri. Kalau sekarang sudah hijau dipertahankan, jangan abai, jangan anggap enteng,” ujar Mayjen TNI Suharyanto, Jumat (19/02/2021).

Suharyanto menambahkan, posko di Desa Sukorejo sudah sesuai protap. Para pendatang yang baru masuk desa akan dilakukan pengecekan maupun identitasnya. Hal ini karena desanya sudah masuk zona hijau, dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Saya melihat PPKM Mikro desa ini berjalan dengan baik asal tetap dipertahankan jangan sampai ada lagi warga terpapar Covid-19,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, angka kenaikan positif selama PPKM mikro pada hari ke 10 ini mampu menekan angka persebaran Covid-19. Dibandingkan sebelum PPKM hampir 1.000 sebaran setiap hari. Saat ini penyebaran dapat ditekan separuhnya, sekitar 600 orang perhari.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur. Zona merah dari 33 kabupaten/kota hanya Kabupaten Jombang saja. Kabupaten Gresik masuk dalam zona oranye meskipun di wilayah Rukun Tetangga (RT) masuk dalam kategori zona hijau dan kuning.

“Sebaran Covid-19 di Gresik menurun menjadi 15 sampai 20 kasus perhari. Menjadi catatan, jangan terus berpuas diri,” ungkap Suhariyanto.

Sementara, Dandim 0817/ Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail mengatakan dari 356 desa atau kelurahan di Gresik sudah siap menerapkan PPKM Mikro. Mulai di wilayah Gresik daratan maupun yang ada di Kepulauan Bawean.

“Mencontoh dari yang diterapkan di posko Desa Sukorejo ini, dan sebagian besar desa maupun kelurahan sudah siap,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar