Hukum & Kriminal

Cegah Corona

Persidangan di Bojonegoro Akan Gunakan Video Conference

Bojonegoro (beritajatim.com) – Menghadapi wabah virus corona atau Covid-19, jajaran instansi yang tergabung dalam ICJS (Integrated Criminal Justice System) wilayah Kabupaten Bojonegoro mencoba menyikapi jalannya persidangan secara progresif dengan persidangan sistem video conference.

Dalam ICJS tersebut terdiri dari jajaran Polres Bojonegoro, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro. Uji coba piranti dilakukan mulai kemarin dengan melakukan komunikasi antara Waka PN, Kajari, dan Kalapas.

“Dari hasil uji coba alat dan piranti pendukung seperti aplikasi, jaringan internet, layar monitor dan sound system ternyata sudah siap. Komunikasi bisa berlangsung dengan lancar,” ujar Humas PN Bojonegoro, Isdarianto, Sabtu (28/3/2020).

Dasar dari pelaksanaan videoconfrence ini, lanjut dia, adanya penetapan pemerintah mengenai wabah pandemik Corona, kemudian SEMA (Surat Edaran Mahkamah Agung no 1 tahun 2020), dan juga Keputusan Bersama ICJS Bojonegoro.

“Setiap perkara yang disidangkan melalui video conference nantinya juga akan dikeluarkan penetapan hakim mengenai tatacara persidangan melalui video conference,” terangnya.

Launching perdana pilot project untuk pelaksanaan video conference dijadwalkan mulai Senin 30 Maret 2020. Dia berharap terobosan sistem persidangan dengan cara video conference dapat berjalan lancar untuk mengurangi kerumunan dan berkumpulnya banyak orang (Social Distancing) sesuai anjuran pemerintah. “Mohon doanya dari seluruh warga Bojonegoro, semoga tidak ada kendala,” pungkasnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar