Hukum & Kriminal

Permudah Masyarakat, Polres Magetan Launching Program SIMAS

Kasatlantas Polres Magetan AKP Juminanto Nugroho saat memaparkan cara kerja aplikasi SIMAS, dihalaman Satpas Polres Magetan, Rabu (16/12/2020).

Magetan (beritajatim.com) – Untuk mempermudah dan memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat, Polres Magetan melaunching Progran SIMAS (Sistem Informasi Masa Berlaku SIM dan STNK) di halaman Satpas SIM Polres Magetan.

Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana mengatakan, program SIMAS ini program yang berbasis database, data yang sudah di input dari pemohon SIM, sehingga masyarakat yang terlambat dalam memperpanjang SIM dan STNK tidak terjadi lagi.

“Aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat untuk memperpanjang SIM dan STNK, karena aplikasi ini akan mengingatkan masyarakat 14 hari sebelum masa aktif SIM dan STNK habis,” ujar Festo, Rabu (16/12/2020).

Festo menambahkan, karena aplikasi ini akan mengirim pesan lewat nomor handphone di masing masing nama, dirinya menghimbau agar masyarakat tidak bergonta ganti nomor hand phone agar bisa terus mendapat layanan aplikasi tersebut. “Aplikasi ini akan mengingatkan lewat SMS atau WA, jadi jangan berganti-ganti nomor hp,” ujar Festo, Rabu (16/12/2020).

Sementara itu, Kasatlantas Polres Magetan AKP Juminanto Nugroho mengatakan, bahwa aplikasi SIMAS ini bisa di download lewat Playstore dimana didalamnya banyak berbagai pilihan menu yang bisa digunakan

“Aplikasi ini bisa di download lewat Play store, didalamnya ada latihan ujian teori SIM, pendaftaran online SIM, Indeks kepuasan Masyarakat, dan mekanisme penerbitan SIM,” jelas Nugroho.

Ia menambahkan, saat ini server aplikasi SIMAS sudah menyimpan 7 ribu nomor, dan nantinya akan terus diupdate. Dan ia menargetkan dalam lima tahun semua nomor handphone masyarakat bisa masuk data base. “Dengan harapan masyarakat semakin terbantu, karena kita tahu sendiri kalau SIM itu telat sehari saja harus membuat lagi dari awal,” pungkasnya.(asg/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar