Hukum & Kriminal

Perkosa Teman Facebook, Warga Pamekasan Divonis 8 Tahun Penjara

Foto ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) – Pemuda inisial PD (20) warga Desa Candi Burung, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, salah satu tersangka kasus dugaan pemerkosaan bergilir yang menimpa korban sebut saja bunga asal Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, divonis delapan tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) setempat.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Sampang, Munarwi menyatakan, pelaku persetubuhan terhadap korban asal Kecamatan Torjun telah diputus kurungan selama delapan tahun setelah sebelumnya dituntut selama 11 tahun penjara sebagaimana pasal dakwaannya yaitu pasal 81 ayat 1 dan 3 undang-undang nomor 17 tahun 2016, tentang penetapan peraturan perundang-undangan nomor 1 tahun 2017 junto pasal 76 d dan e, tentang perlindungan anak.

“Waktu itu kami tuntut kurungan selama 11 tahun, dan hakim memutusnya delapan tahun penjara. Sudah dua pekan pelaku itu yang divonis,” ujarnya, Selasa (8/9/2020).

Lanjut Munarwi, putusan hakim terhadap pelaku persetubuhan itu sifatnya sudah inkrah atau mempunyai kekuatan hukum tetap setelah pihak keluarga korban tidak mengajukan keberatan.

“Sudah inkrah, karena pihak keluarga korban menerima. Saat itu keluarga korban didampingi penasehat hukum sendiri karena sudah tidak ada kabar lagi,” jelasnya.

Munarwi menyatakan, korban saat persidangan menyebutkan ada pelaku lain sebanyak lima orang selain pelaku yang sudah menjalani hukuman.

“Kata korban sih dikeroyok enam orang dengan si PD,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kasus persetubuhan anak ini bermula di saat korban sebut saja Bunga (14) dan pelaku berkenalan di media sosial (Medsos) FB hingga beralih komunikasi ke via whatsapp. Usai berkenalan, korban kemudian di ajak jalan-jalan ke wilayah Proppo hingga ke Palengaan, Kabupaten Pamekasan.

Peristiwa itu terjadi pada Januari 2020 lalu, dan kemudian pada Februari, polisi berhasil mengamankan satu pelaku PD asal Desa Candi Burung, Kecamatan Proppo. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar