Hukum & Kriminal

Perjuangankan Tanah Salim Kancil, Bupati Lumajang Diperiksa Polda

Surabaya (beritajatim.com) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq diperiksa penyidik Kriminal Khusus Polda Jatim, Kamis (9/7/2020). Thoriq diperiksa sebagai saksi terkiat kasus pencemaran nama baik seorang pengusaha tambang pasir. Dimana dalam wawancara di channel youtube Lumajang tv, Thoriq berstatmen sang pengusaha telah menyerobot tanah Salim Kancil yang bukan haknya.

Dalam keterangannya saat mendatangi Polda Jatum, Thoriq datang guna dimintai keterangan sebagai saksi namun dia membantah sebagai pihak yang dilaporkan.

“Teman-teman saya dipanggil Polda di Krimsus, nanti akan saya konfirmasikan siapa yang keberatan, semua itu berkaitan dengan tanah yang digarap oleh isterinya almarhum Salim Kancil,” ujar Thoriq.

Thoriq menjelaskan, kalau dari riwayat tanah tersebut pernah menjadi tragedi dimana Salim Kancil akhirnya meninggal dunia. “Dan saya dimintai keterangan sebagai saksi, salah satunya adalah istilah penyerobotan, untuk keterangan selanjutnya akan dijelaskan oleh isterinya almarhum,” ujarnya.

Perlu diketahui, kasus tambak udang PT Lautan Udang Indonesia Sejahtera (LUIS) sempat menjadi perhatian publik. Pasalnya, mendapat perlawanan dari putri mendiang Salim Kancil hingga dilaporkan ke Bupati Lumajang, yang saat itu langsung turun ke lokasi di Desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian.

Ternyata hingga kini belum tuntas, dan berbuntut beberapa orang di Pemkab Lumajang diperiksa oleh Polda Jatim.

Tim Cyber Diskrimsus Polda Jatim melakukan pemeriksaan terkait video youtube yang diunggah Lumajang TV. Salah seorang yang diperiksa oleh Polda Jatim adalah Kepala Bagian Rumah Tangga dan Protokol Setda Kabupaten Lumajang, Ari Murcono S.STP. M.Si. [uci/but]






Apa Reaksi Anda?

Komentar