Hukum & Kriminal

Penguatan Fungsi Rupbasan Pada Masyarakat, Ini Yang Dilakukan Kemenkumham Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Peran Rumah Penitipan Benda Sitaan dan Rampasan Negara (Rupbasan) selama ini kerap dipandang sebelah mata. Untuk meningkatkan persepsi positif masyarakat terhadap Rupbasan, Direktur Yantah dan Pengelolaan Basan Baran Ditjenpas Heny Yuwono melakukan monev dan memberikan penguatan kepada jajaran Rupbasan di Jatim.

Kegiatan tersebut digelar di Rupbasan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo. Seluruh kepala Rupbasan dan beberapa Kalapas serta Karutan di Jawa Timur mengikuti kegiatan tersebut.

Heny mengawali paparannya dengan menyampaikan keluh kesahnya bahwa selama ini Rupbasan kurang diperhatikan perannya. Padahal, Rupbasan menjadi salah satu kunci keberlangsungan proses hukum yang ada di Indonesia. “Mari kita tingkatkan kinerja kita agar Rupbasan bisa semakin maju,” ujarnya, Jumat (24/7/2020).

Menurut Heny, salah satu kunci memajukan Rupbasan adalah dengan meningkatkan peran SDM. Potensi pegawai yang ada harus dioptimalkan, terutama para darah muda. Karena dengan anak muda yang lebih melek teknologi informasi, maka Rupbasan akan lebih modern. “Seluruh pegawai harus sering-sering melakukan sharing knowledge sebagai perwujudan corporate university,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Rupbasan Surabaya Endang Purwati menegaskan bahwa pihaknya siap menjalankan seluruh arahan dari Heny. Menurutnya, selama ini pihaknya telah melakukan upaya-upaya meningkatkan citra positif Rupbasan Surabaya. “Setiap kegiatan yang kami lakukan, kami upload di media sosial maupun website yang kami miliki, sehingga masyarakat mengetahui bahwa kami memberikan pelayanan dengan baik dan bebas pungli,” tuturnya. [uci/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar