Hukum & Kriminal

Penggeledahan Kantor DPPKAD Gresik Terkait OTT

Kasi Inteli Kejari Gresik (kanan) Bayu Probo Sutopo dan Kasi Pidsus Kejari Gresik, Andre Dwi Subianto (kiri)

Gresik (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, akhirnya berkomentar terkait penggeledahan yang dilakukan di Kantor Sekretaris Badan Pendapatan Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD).

Menurut Kasi Intel Kejari Gresik, Bayu Probo Sutopo SH penggeledahan yang dilakukan timnya terkait adanya operasi tangkap tangan (OTT) potongan. Namun, Bayu tidak menjelaskan potongan apa yang dimaksud. Sehingga, Sekretaris yang juga Plt BPPKAD Gresik, Muchtat beserta 12 pegawainya dibawa dan diperiksa di Kejari Gresik.

“Kami masih melakukan pemeriksaan beserta barang bukti yang disita. Mengenai kasus apa yang dilakukan oleh Sekretaris yang juga Plt BPPKAD Gresik, besok kami jelaskan,” ujar Bayu, Senin (14/01/2019).

Masih menurut Bayu, timnya memiliki bukti bahwa BPPKAD Gresik melakukan pemotongan. Tetapi, dirinya masih enggan menjelaskan secara detail karena masih dalam pemeriksaan. “Mengenai bagaimana modus operandinya kami belum bisa jelaskan sekarang,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kasi Pidsus Kejari Gresik, Andre Dwi Subianto. Memang ada beberapa orang yang diamankan dan masih menjalani pemeriksaan di Kejari Gresik. “Ada barang bukti uang yang kami sita. Soal berapa jumlahnya besok saja akan dijelaskan,” tuturnya.

Secara terpisah, terkait dengan kasus OTT ini, Mantan Kepala BPPKAD Gresik yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda), Andhy Hendro Wijaya mengaku kaget.

“Saya tidak paham kasus apa. Tapi setahu saya selama menjabat kepala BPPKAD Gresik, semua yang berkaitan dengan pendanaan (uang) menggunakan sistem non tunai, atau ke rekening masing-masing. Jadi terus terang saya tidak paham. Sebab, saat ini saya berada di Jakarta karena ada tugas,” paparnya.

Hal senada dikatakan Kabag Humas & Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno. Dirinya juga belum tahu persis kasusnya apa. “Dilihat besok saja karena pihak kejaksaan masih melakukan pemeriksaan,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar