Hukum & Kriminal

Pengaduan Tindak Kriminal, Polres Lamongan: Silahkan Unduh Aplikasi Dumas Presisi

Lamongan (beritajatim.com) – Seiring dengan adanya kemajuan zaman dan teknologi, Polri selangkah lebih maju dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, yakni dengan meluncurkan aplikasi Dumas Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

Iptu Estu Kwindardi selaku Kasubag Humas Polres Lamongan  mengatakan, aplikasi yang sudah diresmikan Kapolri ini sudah bisa didownload di Play Store. Aplikasi ini difungsikan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengaduan, baik itu tindak kriminal maupun lainnya.

“Aplikasi Dumas Presisi Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan, sebagai Inovasi Polri yang langsung ditangani oleh fungsi pengawas Polri,” kata Iptu Estu saat dikonfirmasi, Selasa (04/05/2021)

Iptu Estu menambahkan, bahwa aplikasi tidak hanya menerima pelaporan atau pengaduan dari tindak perkara kriminal, bahkan masyarakat juga bisa mengadukan jika ada oknum yang nakal dan ada penyimpangan dari anggota polisi, bahkan juga bisa melaporkan jika ada pelayanan dari Polsek atau Polres yang tidak memuaskan.

“Hal ini merupakan wujud transparansi dan peningkatan penanganan pengaduan masyarakat secara Online. Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan tentang pelayanan Kepolisian maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personel Polri dalam pelaksanaan tugas Kepolisian,” tambahnya.

Harapan dengan diluncurkannya aplikasi ini, Estu menuturkan, nantinya bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, karena tugas utama polisi adalah mengayomi rakyat. Selain itu, masyarakat juga harus bisa memaksimalkan segala fasilitas yang sudah diberikan Polri.

“Dumas Presisi merupakan wujud handling complain dan transparansi Polri dalam membentuk sistem pengawasan oleh masyarakat dengan cepat, mudah, dan terukur,” pungkasnya. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar