Hukum & Kriminal

Penerapan New Normal, Masuk Polrestabes Surabaya Wajib Pakai Masker

Warga melintas di gedung SPKT Polrestabes Surabaya belum lama ini. Pelayanan fase 'new normal' pengunjung yang masuk Mapolrestabes wajib memakai masker. [Foto/Manik Priyo Prabowo]

Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah akhirnya menetapkan strategi baru dalam kondisi pandemi Covid-19. Strategi baru yakni ‘New Normal’ atau normal yang baru ini di instansi pelayanan publik wajib melakukan sejumlah trobosan pencegahan virus.

Di antaranya membuat sejumlah aturan baku yang tak bisa diganggu gugat. Melihat kondisi tersebut Polrestabes Surabaya pun tak mau kecolongan. Kasubag Humas Polrestabes Surabaya AKP Akhyar menjelaskan, pelayanan baru di tubuh kepolisian diantaranya membuatkan tempat cucui tangan di semua titik pelayanan.

“Tak hanya itu, jarak antrean dan petugas dengan warga juga akan diberlakukan. Yakni antara satu sampai dua meter. Selain itu juga ada penyemprotan desinfektan serta satu pintu keluar dan masuk ke Mapolrestabes. Ingat tanpa masker warga tak akan dapat pelayanan atau bahkan bisa masuk ke kantor kita,” paparnya kepada beritajatim.com, Minggu (31/5/2020).

Pengamatan beritajatim.com, beberapa titik pelayanan yang diberlakukan yakni di Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), tempat cuci tangan di setiap pintu masuk gedung, penyemprotan desinfektan di dua titik, dan pemeriksaan suhu badan di pintu masuk Mapolrestabes. Diharapkan, melalui strategi ini warga tak perlu lagi khawatir dan petugas juga bisa tetap aman saat melayani.

Kapolrestabes Surabaya Brigjen Pol Sandi Nugroho

“Selain itu petugas kepolisian juga wajib melakukan beberapa hal. Di antaranya menjaga kesehatan, melakukan tes Covid-19 secara berkala, mandi dan langaung cuci baju usai berdinas dan keluar rumah. Langkah ini guna menjaga kesehatan petugas,” tandasnya.

Disisi lain pelayanan standar pencegahan Covid-19 ini juga diberlakukan di seluruh Mapolsek dan juga pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra menjelaskan, pelayanan wajib masker, ruang desinfestan, tempat cuci tangan dan penyediaan tes suhu badan juga berlaku di jajarannya. Diantaranya yakni SIM Corner Mall BGJ, Mall TP 1, Mall pelayanan publik Siola dan kantor Colombo.

“Untuk new normal maka kita juga terapkan strategi susai standar pelayanan baru. Sebab petugas pelayan publik juga harus sehat dan terjaga dari penularan virus,” tandasnya. [man/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar