Hukum & Kriminal

Pencuri Spesialis Mini Market Diringkus Polsek Manyar Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Tersangka Santoso (23) spesialis pencuri mini market di Kecamatan Manyar, Gresik, berhasil diringkus unit jajaran Reskrim Polsek setempat.

Warga asal Berbek III Gang Masjid, Kelurahan Berebek, Kecamatan Waru, Sidoarjo tersebut hanya bisa tertunduk lesu di hadapan penyidik. Sebelum tertangkap, tersangka melakukan aksinya di 13 mini market di wilayah Kecamatan Manyar.

Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana melalui Kanitreskrim Polsek Manyar Ipda Ekwan menuturkan, penangkapan tersangka bermula dari laporan PT. Indomarco Prismatama Gresik. Pergudangan Indomaret tersebut melaporkan tindak pidana pencurian barang di retail miliknya.

Kejadian bermula ketika sekitar pukul 09.00. WIB. Tersangka mendatangi Indomaret yang berada di dekat SPBU Desa Roomo Kecamatan Manyar. Saat itu Santoso menggondol satu botol minyak telon konicare.

“Setelah berhasil, tersangka melanjukan aksi serupa menuju Indomaret yang berada di Desa Manyarrejo masih Kecamatan Manyar dan kembali mengambil barang berupa tiga botol minyak kayu putih dan dua botol minyak telon konikare,” tuturnya, Rabu (21/10/2020).

Tidak berhenti di situ, tersangka Santoso kembali beraksi di Indomaret Desa Betoyo, Kecamatan Manyar. Namun aksinya sudah terendus oleh penjaga toko yang kemudian mengamankannya. Penangkapan tersebut lalu dilaporkan ke Polsek Manyar, Gresik.

“Dari hasil pemeriksaan tersangka sudah beraksi di 13 Minimarket berbeda. 11 Minimarket ada di wilayah Manyar dan 2 di wilayah Kebomas,” ujar Ekwan.

Masih menurut Ekwan, tak hanya mengamankan tersangka pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa tiga botol minyak kayu putih merk cap lang, tiga botol minyak telon plus merk konicare, satu baju kemeja warna biru, satu tas selempang warna merah, satu gas plastik warna merah, satu tas warna hijau, satu unit sepeda motor Yamaha Mio W 4344 TD, dan uang tunai Rp. 845 ribu serta satu buah HP Vivo Y17.

Akibat ulah tersangka itu, manajemen PT Indomarco Prismatama mengaku mengalami kerugian sebesar Rp 2,5 juta.

“Modus yang dilakukan pelaku mencari sasaran menggunakan aplikasi maps. Lalu berpura-pura membeli barang di toko Indomaret dan selanjutnya mengambil barang dan dimasukkan ke dalam tas selempang yang dibawanya.

Atas perbuatanya, tersangka Santoso dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian biasa. Selanjutnya dijebloskan ke balik jeruji penjara usai menjalani pemeriksaan. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar