Hukum & Kriminal

Pencuri Motor di Banyuwangi Terekam CCTV, Polisi Kantongi Identitas Pelaku

Seorang sedang melakukan aksi pencurian di sebuah toko komputer di Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi terekam CCTV. (istimewa)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Aksi pencurian sepeda motor terekam CCTV atau kamera pengintai di sebuah toko komputer, di Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi. Video berdurasi 5 menit tersebut kemudian viral di pesan berantai WhatsApp. Dalam video tersebut, ada dua orang pelaku yang tengah melakukan aksi. Satu orang menunggu di jalan sedangkan satu orang lainnya sebagai eksekutor.

Awalnya, pelaku pertama yang memakai penutup kepala itu mencoba membuka gerbang toko. Namun, aksinya tak berhasil hingga dirinya kembali ke motor kawannya yang sedang menunggu. Lalu keduanya tampak berdiskusi sejenak dan kembali beraksi. Pelaku tersebut terlihat mulai mengutak-atik gerbang yang terkunci dengan gembok.

Tak berselang lama, satu persatu kancing pengait gerbang terbuka. Pelaku, kemudian mendekat ke sasaran yakni sebuah motor matic yang terparkir di garasi. Tak membutuhkan waktu lama, pelaku kemudian beraksi membuka kunci motor. Meski telah dikunci stir, namun kelihaian pelaku tak membuatnya kesulitan.

Motor berhasil menyala dan kemudian dibawa keluar. Pelaku kemudian membawa lari motor menuju ke arah selatan dari lokasi kejadian. “Hilangnya itu sekitar Jam 1.55 WIB atau jam 2 an, hari Rabu dini hari. Saat itu memang sedang hujan dan kondisi sepi. Saya bangun sekitar Jam 4.30 WIB setelah salat melihat gerbang sudah terbuka dan motor di depan toko sudah tidak ada. Kemudian, saya cek CCTV di luar ada dua orang itu. Sebenarnya ada dua rekaman tapi yang paling jelas itu yang depan ini,” kata Samsyiar, kepada beritajatim.com saat di rumahnya, Kamis (23/1/2020).

Setelah itu, pemilik toko dan rumah melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Banyuwangi. “Udah diperiksa oleh polisi tadi, banyak yang melihat langsung dsn olah TKP. Saya curiga, kok gampang banget pelaku itu masuk membuka gerbang dan mengambil motor. Padahal kan sudah tak tenggok (kunci stir) ke kanan. Saya terlalu yakin, katanya kalau kunci stir ke kanan itu susah, tapi ini gampang,” ucapnya.

Menindaklanjuti laporan itu, Polresta Banyuwangi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Termasuk mempelajari CCTV yang merekam aksi pelaku.

“Kami surah melihat video pencuri motor di CCTV itu. Kejadian itu kemarin sekitar Jam 1.50 WIB, setelah mendapat informasi dari SR. Kita datangi TKP, kemudian olah TKP dan mempelajari aksi pelaku bagaimana dia masuk pintu dan mengambil barang,”

“Kita juga telah melakukan penyelidikan untuk mencari keberadaan dari pelaku, sementara ini kita telah mengantongi identitas pelaku,” ungkap Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (23/1/2020).

Aksi pencurian motor ini terbilang cukup nekat. Karena dilakukan di lokasi yang dekat dengan jalan umum Banyuwangi – Situbondo. Tepatnya di depan persis kantor Kelurahan Mojopanggung atau sekitar 2 KM dari Mapolresta Banyuwangi. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar