Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Pencuri Burung di Ngawi Ini Pamitan Pada Pemilik Rumah Usai Kantongi Murai Batu

Polsek Padas saat melakukan olah TKP di Desa/Kecamatan Padas, Ngawi, Selasa (18/6/2021) (foto: Adi Susilo for beritajatim.com)

Ngawi (beritajatim.com) – Bukan seperti pencuri pada umumnya, Jarianto (29) warga Desa Sidorejo, Kecamatan Karangjati, Ngawi justru pamitan pada pemilik rumah usai curi burung murai batu Medan. Pemuda itu mencuri burung yang ada dindalam sangkar di teras rmah milik Suratno (41) warga Desa/Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi pada Senin (16/8/2021) pukul 15.00.

Kejadian bermula saat Sutirah (60), ibu Suratno, yang sedang memasak di dapur. Mendengar seperti ada orang di rumah bagian depan, dia lantas masuk rumah. Kemudian dia melihat pemuda tak dikenal sudah memasuki rumah. Pemuda itu lantas berpamitan pergi.

“Kemudian saat saksi ini melihat kalau sangkar burung telah kosong. Lantas berteriak meminta tolong tetangga. Nak pelaku langsung kabur dsn kemudian pergi menggunakan motor Suzuki RC 100,” terang AKP Juwahir, saat ditemui di Mapolsek Padas, Selasa (17/8/2021).

Korban lantas melapor pada Polsek Padas. Mendapat laporan tersebut, petugas langsung bergerak. Namun warga terlebih dulu menangkap pelaku. Beruntung baru kabur 500 meter dari lokasi kejadian. Polisi pun berhasil mengamankan pelaku dari amuk warga berikut barang bukti seekor burung murai batu Medan yang disimpan dalam kantong jaket warna merah milik pelaku.

“Pelaku kami amankan. Dari pelaku kami sita barang bukti berupa Motor Suzuki R100, burung murai batu Medan, Sangkar burung, dan jaket milik pelaku,” katanya.

Tak hanya sekali ini mencuri, Jarianto mengaku pernah melakukan kejahatan serupa. Pada bulan Juli lalu dia mencuri ponsel. Sementara pada Juni dia mencuri satu unit gas LPG hingga dua ekor ayam. “Pelaku dikenai pasal 362 KUHP. Dengan hukuman maksimal lima tahun penjara,” terang Juwahir. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar