Hukum & Kriminal

Penadah Sepeda Pancal Curian Ini Punya Toko Sepeda di Pabean Cantikan

Sumenep (beritajatim.com) – Aparat Polsek Kota dan Polres Sumenep akhirnya mampu mengungkap rantai penjualan sepeda pancal hasil curian AS, oknum PNS Pemkab Sumenep.

“Kami menangkap MS, tersangka penadah sepeda pancal hasil curian AS. MS ini aslinya warga Sampang. Dia punya toko sepeda di Surabaya,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi, Rabu (26/2/2020).

AS, warga Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, tertangkap massa saat mencuri sepeda pancal milik Bambang (38), yang diparkir di areal ‘car free day’ (CFD). Bambang memarkir sepeda pancal miliknya di Taman Adipura sebelah timur. Ia kemudian meninggalkan sepedanya dan berjalan santai di dalam Taman. Ternyata tak berselang lama, sepedanya raib, dicuri AS. Namun aksi AS ketahuan warga, sehingga AS sempat menjadi bulan-bulanan warga.

Tersangka AS ini memang selalu mengintai para pengguna sepeda pancal di CFD. Saat pemilik sepeda lengah, AS mengambil sepeda pancal milik korbannya dan memasukkan ke mobil Toyota Innova miliknya.

“Tersangka ini biasanya memasukkan 2 sepeda pancal hasil curiannya ke Innova. Supaya cukup maka tersangka membuka roda depan dan pedal sepeda,” ucap Deddy.

Dari tangan MS, polisi menyita 22 sepeda pancal hasil curian AS. Sepeda tersebut dari berbagai merk. AS melakukan aksi pencurian sendirian, kemudian barang dilempar ke toko MS di Pabean Cantikan, Surabaya.

“MS ditangkap di Surabaya. Setelah mendengar pengakuan AS kalau dia selalu menjual sepeda curiannya ke MS. Anggota kemudian langsung bertolak ke Surabaya untuk membekuk MS,” ucap Deddy.

Dari hasil pemeriksaan, AS mengaku telah melakukan aksi pencurian sepeda pancal selama 35 kali, selama 6 bulan. “Pengakuan tersangka, ia melakukan pencurian untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Termasuk untuk membayar cicilan Innova,” terang Deddy.

Kedua tersangka saat ini diamankan di Polres Sumenep. Tersangka AS dijerat pasal 362 KUHP. Sedangkan MS dijerat pasal 481 KUHP. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar