Hukum & Kriminal

Pemuda Tertangkap Petani Saat Ambil Motor di Sawah, Begini Kondisinya

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah petani yang berada di kawasan area persawahan Desa Compreng, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban berhasil memergoki seorang pemuda yang kedapatan mengambil motor buntut milik seorang petani yang sedang parkir di pematang sawah.

Setelah tertangkap pemuda bertubuh kurus itu langsung diserahkan kepada pihak kepolisian Polsek Widang, Polres Tuban untuk dilakukan penyelidikan. Dari hasil pemeriksaan ternyata pemuda yang mencuri motor itu mengalami gangguan jiwa dan kini sudah diserahkan pihak keluarga, Senin (31/5/2021).

Dari sejumlah informasi yang dihimpun beritajatim.com, penangkapan pemuda yang diketahui mengambil sepeda motor RC milik petani itu terjadi pada hari Sabtu kemarin lusa. Yang mana sepeda motor itu berada di jalan setapak pinggir area persawahan Desa Compreng, Kecamatan Widang, Tuban dan pemiliknya sedang menggarap lahannya.

“Yang punya motor sedang di berada di sawah. Pada saat pelaku itu mengambil motor korban ketahuan dan kemudian dikejar,” ujar salah satu petani yang ada di area persawahan tersebut.

Saat dilakukan pengejaran oleh sejumlah petani, pemuda bertubuh kurus itu berhasil ditangkap dan saat ditanya mengaku bernama Aris Ardiansyah, yang berasal dari Desa Planwot, Kabupaten Lamongan. Selanjutnya, para petani yang berhasil menggagalkan aksi pencurian itu langsung menyerahkan pemuda itu kepada pihak kepolisian karena saat ditanya pelaku selalu berkelit.

Pihak kepolisian dari Polsek Widang dan juga Sat Reskrim Polres Tuban yang mendapatkan laporan adanya penangkapan pelaku Curanmor itu langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Dari hasil pemeriksaan kejiawaan, pemuda yang diketahui mengambil motor RC di sawah tersebut ternyata diduga kuat mengalami gangguan jiwa.

“Betul (ada warga menangkap orang) diduga pelaku pencurian motor. Setelah kami lakukan pemeriksaan ternyata yang bersangkutan indikasi ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa),” terang AKP M Adhi Makayasa, Kasat Reskrim Polres Tuban saat dikonfirmasi terkait kejadian itu.

Sementara itu, setelah dari proses pemeriksaan dan juga tes kondisi kejiwaan pemuda yang ketahuan mencuri motor itu, pihak korban yakni petani pemilik motor tidak melanjutkan perkara kasus tersebut. Sehingga untuk pelaku sudah diserahkan kepada pihak keluarnya guna dilakukan perawatan terkait kodisi pemuda tersebut.

“Dari pihak korban tidak melanjutkan perkaranya, ini sudah diselesaikan secara Restorative Justice antara kedua belah pihak. Untuk yang bersangkutan (pelaku yang diduga mencuri motor) diserahkan pada keluarga dan disaksikan oleh kepada desanya,” pungkasnya.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar