Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Pemuda Sukolilo Surabaya Tertangkap Curi Kabel

Tersangka Rafi bersama barang bukti hasil curian diamankan di Polsek Kenjeran.

Surabaya (beritajatim.com) – Rafi (25), Warga Jalan Sukolilo Lor nekat mencuri kabel listrik di area air mancur Jembatan Suroboyo, Kamis (2/9/2021). Aksi tersebut ia lakukan bersama temannya BY yang saat ini DPO. Karena aksinya tersebut, kini ia harus merasakan dinginnya sel tahanan.

Iptu Suryadi, Kanitreskrim Polsek Kenjeran mengatakan pelaku dan temannya merencanakan aksi pencurian kabel di Jembatan Suroboyo karena pekerjaan sehari-hari menjadi kuli tidak mencukupi. “Modusnya kebutuhan hidup. Keduanya berboncengan menggunakan motor Yamaha Mio warna Biru nopol L 6095 TJ untuk menuju Jembatan Suroboyo,” kata Suryadi, Jumat (17/9).

Tiba di lokasi kejadian, mereka lantas memotong kabel dengan modal perkakas yang disiapkan sebelumnya. “Kabel itu dipotong menggunakan tang,” ujarnya.

Setelah berhasil mengumpulkan kabel, kedua pelaku melarikan diri. Sialnya aksi pencurian ini terpergok Cholik yang saat itu bertugas menjaga sekitaran Jembatan Suroboyo. Apesnya, Raffi berhasil ditangkap petugas saat berupaya melarikan diri. Sementara rekannya BY berhasil kabur.

Dari tangan Rafi polisi menyita kabel listrik dengan panjang kurang lebih 50 meter, tang, serta motor Yamaha Mio L 6095 TJ yang tertinggal.

Selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Polsek Kenjeran guna proses penyidikan lebih lanjut.

Di hadapan penyidik Rafi mengaku baru pertama kali melakukan pencurian kabel. “Pertama kali mencuri, apesnya ketangkap juga,” akunya.

Sementara kabel tersebut rencananya akan dijual dan hasilnya dibagi berdua. “Saya butuh untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, lantaran mengandalkan gaji kerja kuli bangunan saja tidak cukup,” jelasnya.

Atas perbuatannya, Rafi dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dan terancam menjalani hukuman 7 tahun penjara. (ang/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar