Hukum & Kriminal

Pemuda Ini Setubuhi Gadis di Bawah Umur di Villa Songgoriti

Polres Batu mengkap YR.

Malang (beritajatim.com) – Polres Kota Batu menangkap pelaku persetubuhan gadis di bawah umur, yakni YR (18). Dia menyetubuhi korbannya berinisial KI (16), warga Poncokusumo, Kabupaten Malang, di Villa Songgoriti, Kota Batu.

Kapolres Kota Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama mengatakan, kasus persetubuhan gadis di bawah umur dilakukan pada 23 Oktober lalu. Pada 29 Oktober, orangtua korban melapor. Sehari kemudian polisi menangkap pelaku di rumah saudaranya di Gondanglegi, Kabupaten Malang.

“Awalnya berkenalan di facebook, sampai bertukar nomor telepon. Komunikasi berlanjut lewat whatsapp. Saat itulah KI diajak jalan-jalan dan makan oleh YR. Saat hari mulai petang, KI diajak ke Villa di Songgoriti oleh YR,” kata Harvi, Senin (11/11/2019).

YR mengajak korban ke Villa, disana YR menyewa sebuah kamar seharga Rp 70 ribu. Saat di Villa, YR melancarkan rayuan mesranya kepada korban. Rayuan mesra itu membuat KI tak berdaya, kemudian disetubuhi oleh pelaku.

“Pada saat itu lah pelaku mengajak korban berhubungan badan sebanyak dua kali. Kemudian keesok harinya, diantar pulang KI ke rumahnya. KI menceritakan ke orantuanya, kemudian melaporkan ke kami,” papar Harvi.

Dalam modusnya, YR mengaku mencintai KI sehingga nekat melakukan persetubuhan. Bahkan dia berjanji akan menikahi bila KI hamil. Namun, YR tidak menyadari bahwa KI masih di bawah umur. Pengakuannya, YR baru sekali melakukan persetubuhan.

“YR dijerat pasal 81 UU no 35 tahun 2014 tentang perubahan UU no 23 tahun 2002 diubah kedua kali UU 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak. Ancaman hukuman yang diberikan adalah minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar