Hukum & Kriminal

Pemohon Perpanjangan SIM Bisa Tes Psikologi Lewat ‘Mentalku’

Surabaya (beritajatim.com) – Ditlantas Polda Jatim melounching aplikasi ‘Mentalku’ yang mempermudah pemohon perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Aplikasi ‘Mentalku’ ini sebuah ekosistem psikologi berbasis platform yang membantu masyarakat.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman dalam jumpa persnya menjelaskan bahwa aplikasi ini memang sudah dia tunggu sebagai salah satu program dalam era digitalisasi selain itu juga sesuai dengan pasal 36 dan 37 Perkab Kapolri nomer 9 tahun 2012 bahwa persyaratan bahwa persyaratan bagi para pendaftar yang baru maupun perpanjangan yakni sehat jasmani dan rohani.

“Sehat jasmani, tentu dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Kalau sehat rohani, maka melalui aplikasi ‘Mentalku’ ini maka seseorang dapat dinilai secara psikologi apakah layak atau tidak dalam mengemudikan kendaraan,” ujar Kombes Pol Latif, Selasa (26/1/2021).

Dengan aplikasi ‘Mentalku’ ini maka pemohon baru maupun perpanjangan SIM melakukan tes psikologi melalui online. Jadi tidak perlu untuk datang secara langsung kecuali pemohon baru yang harus melakukan tes mengemudi.

Usai mengerjakan soal dalam tes psikologi melalui ‘Mentalku’ ini, nantinya para piskolog yang akan menilai apakah pemohon lulus atau tidak. Bahkan, psikolog ini juga bisa membaca apakah soal yang dikerjakan ini dikerjakan sendiri oleh pemohon atau orang lain.

Sementara Direktur ‘Mentalku’ Nugroho Tirto Sampurno menyatakan aplikasi ‘Mentalku’ ini berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data pribadi pengguna, data konseling dan data kesimpulan dari psikolog.

Untuk mengaplikasikan ‘Mentalku’ ini sangatlah mudah, kita tinggal tentukan produk mana yang akan kita inginkan. “Contohnya, tes psikologi SIM maka kita cukup menjawab semua pertanyaan yang ada di apilkasi sesuai dengan psikis kita, dan semua pertanyaan harus dijawab dengan lengkap,” ujarnya. [uci/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar