Hukum & Kriminal

Pemilik UD Slamet Divonis 1 Tahun Penjara

Foto ilustrasi.

Sidoarjo (beritajatim.com) – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sidoarjo memvonis satu tahun penjara kepada Lukman pemilik UD Slamet atas kasus pemalsuan merk dagang garam cap Kapal milik PT. Susanti Megah.

Dalam amar putusannya Ketua Majelis Hakim Achwan Peten Sili menilai Lukman telah melanggar pasal 100 ayat (2) UU RI No. 20 tahun 2016 tentang Merek.

“Menimbang tersangka terbukti melakukan pemalsuan merek garam beryodium yang diproduksi PT. Susanti Megah dengan merek Cap Kapal. Untuk itu, PN menjatuhkan hukuman 1 tahun penjara dan denda sebesar Rp 100 juta rupiah,” jelas Achwan Jumat (29/1/2021).

Achwan menjelaskan merek yang dipalsukan oleh UD. Slamet dengan menggunakan Cap Perang Kapal yang mirip sekali dengan merek Cap Kapal yang diproduksi PT. Susanti Megah.

“Garam berzodium UD Slamet mempunyai persamaan pada pokoknya dengan garam merek Cap Kapal + lukisan produksi PT. Susanti Megah Surabaya dan sama-sama menggunakan kata kapal dengan tulisan huruf latin warna hitam dan sama-sama menggunakan gambar kapal serta sama-sama menggunakan frame kemasan warna kuning dan lis frame warna hitam yang mengakibatkan kerugian penurunan omset bagi PT. Susanti Megah,” tambah Majelis Hakim.

Dalam permasalahan ini terpidana Lukman pernah mengajukan pendaftaran garam merek Cap Perang Kapal yang dikemas oleh UD Slamet, namun hasilnya usulan merek tersebut ditolak oleh Ditjen HKI KEMENKUM HAM RI karena merek tersebut mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek terdaftar milik pihak lain atau dimintakan lebih dahulu oleh pihak lain.

Merek Cap Kapal yang diproduksi PT. Susanti Megah yang telah terdaftar dengan nomor pendaftaran IDM000314727 tanggal penerimaan 16 Maret 2012 di Ditjen HKI KEMENKUM HAM RI kelas barang/jasa 30 jenis barang garam meja.

Dalam putusan perkara No. 726/Pid.B/2020/PN.SDA dengan Ketua Majelis Hakim Achwan Peten Sili, S.H., M.H. dengan Hakim Anggota Teguh Sarosa, S.H., M.H. dan Dameria Frisella Simanjuntak, S.H., M.H. telah menjatuhkan vonis atas tuntuntan Jaksa Lesya Agastya, S.H. dari Kejaksaan Negeri Sidoarjo. [isa/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar