Hukum & Kriminal

Jadi Korban Kejahatan Siber

Pemilik Nyoklat Emo dan Nyoklat Frosca Kediri Lapor Polda Jatim

Pengacara Nyoklat Emo dan Nyoklat Frosca Kediri Moh Rofian SH menunjukkan bukti laporan ke Polda Jatim.

Kediri (beritajatim.com) – Produk Nyoklat Emo dan Nyoklat Frosca yang berkantor di GOR Jayabaya Kota Kediri menjadi korban kejahatan siber. Beberapa akun palsu sengaja menduplikasi bentuk promo mulai dari foto-foto minuman, foto karyawan hingga foto packing produk mereka.

“Pelaku dengan akun abal-abal menduplikasi produk tersebut dengan sangat mirip, hanya berbeda ejaan saja. Pelaku juga berkomplot dengan beberapa akun untuk memberikan testimoni palsu untuk meyakinkan konsumen,” kata Kuasa Hukum pemilik Nyoklat Emo dan Frosca Moh. Rofian, SH dan Rekan, Sabtu (9/5/2020).

Melalui kuasa hukumnya, Udin Arif Fianto sebagai pemilik Nyoklat Emo dan Achmad Choirul Umam pemilik Nyoklat Frosca mengadukan, kejahatan yang dialaminya tersebut ke Polda Jawa Timur. Para pengusaha muda tersebut juga telah memberikan klarifikasi di media sosial karena adanya komplin yang diterima atas perbuatan pelaku.

Dijelaskan oleh Rofian, aksi kejahatan siber ini mulai terendus sejak April 2020 lalu. Ada beberapa orang yang mengaku, merasa ditipu saat membeli produk di akun media sosial.

Salah satu korban yang mengadu ke kantor Nyoklat Emo dan Frosca di GOR Joyoboyo Kediri bernama Annah Daenah. Dia warga Dusun Karanganyar, Indramayu.

Annah komplain kepada pelapor untuk produk Nyoklat Emo. Korban lain bernama Wiwik Handayani warga Kelurahan Sido Luhur, Kecamatan Lawang Kabupateng Malang yang mengkomplin untuk produk Nyoklat Frosca.

Menurut Rofian, para pelaku telah melakukan kejahatan penipuan. Mereka melanggar pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45A dan pasal 35 Jo pasal 51 ayat 1 dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang – undang nomor 11 tahun  2008.

“Untuk bukti-bukti telah kita kumpulkan. Kami berharap pihak kepolisian segera bertindak untuk menangkap para pelaku,” desaknya.

Lebih lanjut, menurutnya, kejadian tersebut layaknya fenomena gunung es. Sehingga harus segera diungkap oleh apparat kepolisian. Jika tidak maka akan mematikan semangat para muda-mudi untuk berwira usaha dan akan merugikan konsumen. [nm/but]

Berikut akun resmi Nyoklat Emo :

Fanspage asli : https://www.facebook.com/nyoklatemo/;

Berikut akun resmi Nyoklat Fresco :

Fanspage asli : https://web.facebook.com/nyoklatfrosca





Apa Reaksi Anda?

Komentar