Hukum & Kriminal

Pembuatan SKCK Dipermudah, Tinggal Klik Via Online

Sumenep (beritajatim.com) – Bagi masyarakat yang akan mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kini tidak perlu lagi antri lama di Polres. Polri telah memberlakukan layanan pengurusan SKCK online di tiap Polres.

“Untuk warga Sumenep yang akan membuat SKCK bisa mendaftar dan mengisi formulir secara online. Tidak harus datang ke Polres dan mengisi secara manual,” kata Kasat Intelkam Polres Sumenep, Iptu Rochim Soenyoto, Selasa (12/11/2019).

Ia menjelaskan, maayarakat yang ingin mengurus SKCK secara online bisa mengunjungi website resmi polri skck.polri.go.id

Menurut Rochim, dengan SKCK online, maka pemohon bisa mengurus dengan cepat, praktis, dan efisien jika dibandingkan dengan mengurus secara manual. “Kalau mengurus secara manual, maka pemohon harus datang langsung ke Polres Sumenep untuk mengisi blangko permohonan pembuatan SKCK. Dan itu cukup memakan waktu,” ujarnya.

Ia menuturkan, kemudahan pengurusan SKCK berbasis IT tersebut sejalan dengan program Kapolri yang bertajuk Profesional, Modern, Terpercaya (Promoter). Inovasi pembuatan SKCK online ini juga termasuk dalam program peningkatan pelayanan publik berbasis IT. “Bahkan kami berkeinginan, nantinya akan ada pembuatan SKCK keliling, agar lebih mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan SKCK,” ucapnya. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar