Hukum & Kriminal

Pembangunan Rutan dan Masjid Polres Gresik Telan Anggaran Rp 9 Miliar

Gresik (beritajatim.com) – Proyek pembangunan Mapolres Gresik segera berlanjut lagi. Pasalnya, saat ini pemenang proyek pembangunan tersebut telah keluar. Sesuai lelang proyek, akan dibangun rumah tahanan (Rutan) dan Masjid yang menelan anggaran APBD Gresik sebesar Rp 9 miliar.

Dari total anggaran tersebut, dana untuk pembangunan rutan sebesar Rp 5,8 miliar dan masjid Polres Gresik sebesar Rp 3,2 miliar. Jika ditotal sejak 2019 lalu maka seluruh pembangunan Mapolres tersebut menghabiskan anggaran Rp 42,5 miliar. Angka ini belum termasuk lahan seluas 1,1 hektar yang dihibahkan Pemkab Gresik.

Berdasarkan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Progress proyek itu sudah muncul pemenang rekanannya. Untuk pemenang proyek pembangunan rutan dimenangkan PT Wiratama Graha Raharja dengan nilai tawar Rp 4,8 miliar. Sementara pembangunan masjid dimenangkan PT Langgeng Dua Anugerah dengan nilai tawar Rp 2,6 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik Gunawan Setiaji menuturkan, semua pengerjaan fisik diperkirakan akan berjalan bulan ini atau bulan depan. Nantinya, untuk rutan itu akan dibangun dengan tiga lantai.

“Saat ini gedung Mapolres Gresik yang baru itu memang belum memiliki rutan. Padahal, ruangan tersebut menjadi salah satu komponennya. Hal yang sama pembangunan masjid yang akan ditempatkan berada di halaman mapolres,” tuturnya, Sabtu (7/06/2021).

Ditambahkan Gunawan Setiaji, di mapolres itu memang masih banyak lahan kosong. Misalnya, di sebelah barat gedung utama. Area tersebut masih cukup luas. “Pembangunan masjid akan ditempatkan disana. Tahun ini sudah selesai untuk pembangunan keseluruhan gedung Mapolres Gresik yang baru,” tandasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar