Hukum & Kriminal

Pelaku Pembunuhan Herfina Residivis Penganiyaan Wanita di Lapas Porong

Tersangka Joko Harmanto (26),dan Makam Herfina di TPU Asem Buntung Jalan MT Haryono Kelurahan Jingglong Ponorogo, Kamis (25/7/2019).


Ponorogo (beritajatim.com) –
  Joko Harmanto (26), pelaku pembunuhan terhadap Herfina Rahma Sari. wanita 19 tahun yang dibuang di jurang Sampung Ponorogo merupakan residivis kasus penganiayaan terhadap wanita teman dekatnya pada tahun 2012 lalu.

”Tersangka Joko Harmanto itu pernah dipenjara di lapas Porong Sidoarjo dalam kasus penganiyaan,” kata Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant, Kamis (25/7/2019).

Tersangka yang merupakan warga Desa Lembah Kecamatan Babadan Ponorogo tersebut, diketahui sehari-hari bekerja sebagai tukang sayur di pasar legi. Menurut keterangan tersangka, Kata Radiant selain berpacaran dengan Herfina Rahma Sari, yang bersangkutan juga menjalin hubungan asmara dengan wanita lain.

”Barang bukti sepeda motor yang digunakan untuk membonceng korban, uang pembeliannya juga berasal dari salah satu pacarnya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, jika tersangka Joko Hermanto ditangkap di salah satu rumah sakit di jalan dr. Sutomo Ponorogo. Saat itu tersangka yang merupakan warga Desa Lembah Kecamatan Babadan Ponorogo sedang menunggu istrinya yang sedang sakit.

”Jadi tersangka ini sudah mempunyai istri. Saat ditangkap tidak melakukan perlawanan dan mengakui perbuatannya,” ungkap Radiant.

Motif tersangka yang tega membunuh korban, karena  meminta pertanggung jawaban atas kehamilannya. Raudiant menurut keterangan pelaku, jalinan asmara pelaku dan korban sejak awal Februari 2019.

Nah pada bulan Maret lalu tersangka menikah dengan orang lain. Padahal saat itu si korban ini sedang hamil. Akhirnya tersangka ada niat untuk menghilangkan nyawa korban. Dan dieksekusi di jurang Sampung.

”Tersangaka dijerat pasal 340 KUHP tentang pembunuhan yang direncanakan dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” kata Radiant.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar