Hukum & Kriminal

Pelaku Ilegal Logging Ditangkap, 89 Kayu Jati 11 Akasia Berhasil Diamankan

(Foto : Polsek Bungkal)

Ponorogo (beritajatim.com) – Jajaran Polsek Bungkal bersama Polhut KPH Lawu berhasil mengamankan Bonawan (42), di rumahnya. Warga Desa Kupuk Kecamatan Bungkal tersebut diduga sebagi pelaku ilegal logging. Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti 11 batang kayu akasia, 89 batang kayu jati dan satu unit gergaji. “Benar, kami mengamankan terduga pelaku pencurian kayu milih perhutani,” kata Kapolsek Bungkal AKP Joko Suseno, Sabtu (21/9/2019).

Dugaan pencurian kayu milik perhutani itu terjadi di Kawasan Hutan Petak 130i RPH Bungkal PKPH Ponorogo Timur, masuk Dukuh Sambirejo Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Ponorogo. Kasus itu berawal dari petugas perhutani mendapat informasi dari masyarakat, bahwa disekitar hutan petak 130i ikut wilayah RPH Bungkal BKPH Ponorogo Timur, ada tunggak kayu baru yang diduga bekas pencurian. “Setelah dicek di TKP ternyata benar, ada tunggak baru kayu bekas pencurian,” katanya.

Dari hasil pengecekan dan pulbaket di TKP, pelaku mengaku kayu-kayu tersebut ditebang dan dikumpulkan di pekarangan kosong milik salah satu warga. Ternyata benar, dalam pekarangan tersebut ditemukan tumpukan kayu jati 89 batang berbagai ukuran dan 11 batang kayu akasia. “Selain pelaku, kami juga mengamankan kayu-kayu hasil curian tersebut sebagai barang bukti,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar