Hukum & Kriminal

Pecatan PNS TNI Tipu Pengusaha Sound System dan Alat Musik di Surabaya Rp 90 Juta

Pelaku penipuan beserta barang bukti berupa pakaian ASN TNI AL dan topi berpangkat Kolonel saat jalani gelar perkara di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (13/9/2019).(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) РSembari merunduk, Weilem Jozep (52) warga  Teluk Kumai no 57 Surabaya mengaku kapok usai tertangkap lantaran menipu orang.

Pecatan PNS Perhubungan Laut ini menipu para pengusaha sound system dan alat musik. Menurut pengakuan pelaku, dirinya menyewa alat musik dan pengeras suara ke para pengusaha di Surabaya.

“Tapi barang sewaan ini saya jual dengan harga Rp 20 juta,” akunya kepada jurnalis saat gelar perkara di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (13/9/2019).

Menurut data laporan dari kepolisian, pelaku ini sudah menipu beberapa orang dan membawa tiga barang yang disewa namun dijual ke Kota Bandung.

Tak hanya menipu, pelaku saat melakukan aksi penipuan juga memakai pakaian seragam ASN TNI AL dan memakai topi yang diberi pangkat Kolonel atau melati tiga.

Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti menjelaskan, pelaku merupakan residifis penipuan. Sebelumnya pelaku dipecat lantaran menipu orang.

“Kejadian penipuan pertama dulu tahun 2005, tapi pastinya kasus apa dan divonis berapa tahun masih kita selidiki,” katanya.

Menurut data laporan dari korban, pelaku menipu dua orang dan membawa lari dua sound sistem dan satu unit alat musik kybord.

“Kerugian mencapai Rp 90 juta dan menurut pengakuan pelaku barang dijual dengan harga Rp 20 juta,” paparnya.

Iptu Bima juga menjelaskan, dalam menjalankan aksi pelaku memakai pakaian ASN TNI AL dan topi TNI AL pangkat Kolonel untuk menyakinkan korban.

Dari tangan tersangka petugas mengamankan barang bukti yakni ponsel Note 9 plus dan uang tunai Rp 500 ribu. Pelaku pun dijerat dengan UU KUHP Pasal 378.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar