Hukum & Kriminal

Patroli Skala Besar, 26 Pengunjung Kafe Langgar Prokes

Tim gabungan menggelar apel di depan Pendapa Pemkab Jombang sebelum melakukan patroli skala besar, Senin (7/12/2020) malam

Jombang (beritajatim.com) – Patroli skala besar dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 digelar di Jombang, Senin (7/12/2020) malam. Hasilnya, petugas mendapati 26 pengunjung kafe melanggar protokol kesehatan (prokes).

Patroli yang menyasar kerumunan massa itu melibatkan berbagai pihak. Di antaranya, Polri, TNI AD Kodim 0814 Jombang , Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kejaksaan Negeri (Kejari), serta tim kesehatan dari Polres Jombang.

Patroli tersebut dipimpin AKP Moch Mukid (Kasat Narkoba Polres Jombang) dan diikuti sekitar 40 personel. “Patroli ini kita gelar mengingat semakin bertambahnya jumlah pasien Covid-19 di Jombang. Ini salah satunya upaya meningkatan disiplin masyarakat terkait prokes,” kata Mukid.

Ada dua lokasi yang disasar. Pertama Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Jombang, kedua kafe yang ramai pengunjung. Di Lapas Jombang, tim gabungan melakukan pemantauan terhadap 866 tahanan. Tidak ada permasalahan berarti di Lapas tersebut.

Tim gabungan kemudian menyasar tiga kafe yang ada di Kota Jombang. Yakni, Cafe Omah Ebes Jl. Ahmad Dahlan, kemudian Srikandi Coffee, serta Zabo Coffee & Resto Jl. Urip Sumoharjo Jombang. Petugas memberikan imbauan kepada para pengunjung kafe tentang penting penerapan prokes.

Selain itu, para pengunung juga dicek suhu badannya menggunakan thermo gun. Lalu meminta seluruh pengunjung kafe menerapkan phisical distancing (jaga jarak) dan selalu memakai masker, serta rajin cuci tangan sabun.

Petugas gabungan memberikan imbauan tentang protokol kesehatan bagi pengunjung kafe di Jombang, Senin (7/12/2020) malam

“Total pengunjung kafe yang melanggar prokes sebanyak 26 orang. Dari jumlah itu, 5 orang kita lakukan penyitaan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan 21 orang lainnya kita beri teguran secara lisan,” kata Mukid merinci.

Mukid menegaskan bahwa patroli skala besar itu menindaklanjuti Inpres No.6 tahun 2020 tentang Disiplin Protokol kesehatan. Selain itu juga penerapan Perda Prov.Jatim No.2 tahun 2020 serta Perbup No.57 tahun 2020 tentang peningkatan Disiplin dan Penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan serta pengendalian Covid-19. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar