Hukum & Kriminal

Patroli Sahur, Polisi di Gresik Bagi-Bagi Nasi Kotak ke Masyarakat

Gresik (beritajatim.com)– Aparat Kepolisian di Gresik melalui Satlantasnya punya cara sendiri melaksanakan patroli di Bulan Ramadan.

Dengan memodifikasi mobil patroli laka bertuliskan ‘Patroli Sahur’. Satlantas setempat berkeliling menggunakan mobil patroli sambil memainkan musik angklung.

Selain melakukan patroli sahur. Satlantas Polres Gresik juga membagi-bagikan nasi kota, serta air mineral kepada masyarakat maupun tukang becak yang masih melakukan aktivitas menjelang makan sahur.

“Saya senang dapat menu nasi kota dan air mineral dari pak polisi,” ujar Sunar (50) tukang becak asal Tuban yang mangkal di depan kompleks Perumahan PT Petrokimia Gresik (PG), Minggu (12/05/2019).

Setelah membagi-bagikan nasi kotak. Patroli sahur berlanjut ke Pasar Baru Kota Gresik. Di tempat tersebut, masyarakat sangat antusias menyerbu nasi kotak sebelum dibagikan. Bahkan, dalam hitungan kurang dari 1 menit. Puluhan nasi kotak sudah habis tidak tersisa.

“Kegiatan seperti ini sangat positif menjelang makan sahur. Sebab, banyak para pedagang maupun penjualan sayuran tidak mengira ada rombongan patroli polisi bagi-bagi makanan buat sahur,” tutur Muhammad Bahrul (43) pedagang sayur-mayur yang mangkal di Pasar Baru Kota Gresik.

Mengenai kegiatan patroli sahur ini. Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto menuturkan, kegiatan patroli sahur ini selain dalam rangka patroli rutin cipta kondisi keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Namun, dikemas menggunakan musik patrol membangunkan masyarakat untuk makan sahur plus membagikan nasi kotak kepada masyarakat yang masih bekerja.

“Tahap awal sasarannya kali ini di daerah perkotaan, dan pasar Kota Gresik,” ungkapnya.

Wikha menjelaskan, kedepan kegiatan seperti ini akan terus digalakkan. Tapi, sasarannya diubah bisa di daerah perumahan atau area publik selama Bulan Ramadan. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar