Hukum & Kriminal

Palsukan TTD Menhub, Petugas Dirjen Hub Udara Gadungan di Juanda Telah Perdaya 10 Korban

Pelaku penipuan yang berkedok menjadi pegawai kementerian Perhubungan diamankan Satgas PAM TNI AL Bandar Udara Juanda.(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) –¬† Surabaya (beritajatim.com) – Cristianto (45), petugas Dirjen Perhubungan Udara gadungan yang diamankan Satuan Pengamanan Bandara Juanda, Senin (24/8/2020) kemarin, diketahui telah memperdaya beberapa korban dengan iming-iming bisa memasukkan para korbannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Setidaknya, ada 10 korban yang telah tertipu dengan membayar uang Rp 10 juta sampai Rp 15 juta.

Maklum, penampilan tersangka cukup meyakinkan. Selain menggunakan seragam lengkap Dirjen Hub Udara di setiap aksinya, tersangka ternyata juga memalsukan stempel Kemenhub dan tanda tangan basah Menhub Budi Karya Samadi.

Hal ini juga yang membuat Dirjen Hub Udara, Novie Riyanto dikabarkan bakal ke Surabaya untuk melihat proses penipuan pelaku. Untuk meyakinkan korban, dikatakan Mayor Laut (T) Ferry Hermawan Komandan Satgaspam Bandara Internasional Juanda, pelaku mengajak korbannya ke Bandar Udara Internasional Juanda.

“Korban yang tergiur menjadi ASN diajak ke Bandara Juanda untuk diperlihatkan contoh pekerjaanya. Pelaku menunjukkan sejumlah pekerjaan ASN dari ruang tunggu luar. Tujuannya untuk membuat korbannya percaya dan bayar uang pelicin,” jelas Mayor Laut (T) Ferry Hermawan, Selasa (25/8/2020).

Sebab selama di Bandara Juanda, aksi pelaku juga sempat tertangkap kamera pengawas saat bersama korbannya. “Pelaku kita amankan usai melakukan pengintaian empat hari. Saat itu pelaku usai menjelaskan ke korban di bandara. Selanjutnya kita intai dan usai bukti cukup kuat kita lakukan penangkapan,” paparnya. (man/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar