Hukum & Kriminal

Paksi Curi Burung, Terekam CCTV, Masuk Bui

Lumajang (beritajatim.com) – Dua orang maling burung murai milik Romli, warga Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah, terekam CCTV. Polsek Klakah langsung bergerak menangkap Paksi (30) warga Desa Mlawang di rumahnya usai menjual burung ke seorang penadah.

Informasi dihimpun di Polsek setempat, Selasa (5/1/2021), pelaku lainnya yang menjadi joki motor adalah Subur (23) warga Mlawang. Dia kabur saat hendak ditangkap petugas.

Kedua pelaku ini sebelum menjalankan aksinya melakukan keliling kampung untuk bisa mendapat incaran. Mereka memastikan dulu kondisi dan situasi sasaran dalam beraksi.

Naas, mereka terekam CCTV milik korban yang disembunyikan di pojok atap depan rumah. Sehingga korban mengenal dan segera melapor ke petugas.

“Kami langsung bergerak menangkap kedua pelaku, tapi satu orang kabur,” ungkap Kapolsek Klakah, AKP Sidik pada wartawan.

Lanjut dia, usai mencuri burung langsung dijual ke penadah seharga Rp. 800 ribu. Tersangka Paksi mendapat bagian Rp. 500 ribu dan Subur Rp. 300 ribu.

“Paksi ini adalah residivis dalam kejahatan pencurian laptop,” jelasnya.

Akibat perbuatannya, Paksi dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara. Sedangkan Subur, ditetap sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). [har/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar