Hukum & Kriminal

Pakai Mobil Rental, Spesialis Pencuri Hewan Disergap Polisi

Gresik (beritajatim.com) – Tiga pelaku spesialis pencurian hewan. Masing-masing M.Romadhoni (22) warga asal Desa Sukorejo, dan Fendi Pradiga Putra (35) warga asal Desa Sidorejo, dan Adam Irfiansyah (20) asal Desa Desa Sukowati, Kecamatan Bungah, Gresik, disergap polisi.

Mereka disergap saat menjalankan aksinya dengan menggunakan mobil rental. Ketiga pelaku itu, tidak berkutik saat petugas memergoki aksi mereka sebelum melarikan diri.

Kasus pencurian hewan ini terungkap saat ketiga pelaku hendak mencuri kambing milik Juwariyah (47) warga Desa Asempapak, Kecamatan Sidayu, Gresik, di lahan kosong yang berada di Desa Ngawen, Sidayu. Saat itu, korban (Juwariyah) membawa enam ekor kambing.

Semua kambing tersebut diikat dengan tali dan dikaitkan ke kayu. Setelah ditinggal, korban mendapat kabar bahwa sejumlah kambingnya hilang. Spontan korban, dengan berbagai cara mencari keenam kambingnya yang hilang.

Setelah dicari cukup lama, korban akhirnya melaporkan kasus ini ke Polsek Sidayu. Mendapat informasi kasus pencurian hewan, petugas melakukan penyelidikan ke lokasi serta memeriksa sejumlah saksi.

Berbekal itu semua, ada salah satu saksi menceritakan ada mobil Toyota Avanza warna putih nopol S 1586 JS berada di lokasi. Setelah dilacak, ternyata kendaraan tersebut merupakan mobil rental. “Memenag benar setelah menjalani pemeriksaan. Pelaku menggunakan mobil rental saat menjalankan aksinya,” ujar Kapolsek Sidayu AKP Tatag Sutrisna, Rabu (24/07/2019).

Tatak menuturkan, para tersangka sudah melakukan aksi pencurian. Namun, karena tepergok warga. Tiga kambing yang hendak dimasukan mobil dilepaskan kembali. “Ketiga kambing sudah kembali ke korban,” tuturnya.

Dihadapan petugas, ketiga pelaku mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian. “Saya baru pertama kali mencuri itupun diajak,” papar M.Romadhoni.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 1, 4 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman diatas tiga tahun penjara. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar