Hukum & Kriminal

Pakai HP Saat Berkendara, Siap-siap Kena Operasi Zebra

Sumenep (beritajatim.com) – Bagi para pengendara yang sering mengendarai kendaraan sambil memainkan HP atau gadget, harus berhati-hati karena masuk dalam salah satu sasaran Operasi Zebra Semeru 2020.

Kapolres Sumenep, AKBP Darman saat memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2020 di Lapangan Apel Sanika Satyawada Polres Sumenep menjelaskan, secara umum ada 7 sasaran operasi tersebut. Diantaranya adalah penggunaan Hp/Gadget saat berkendara, kemudian mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan, dan pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.

“Itu semua masuk dalam sasaran Operasi Zebra. Termasuk juga melawan arus, dan kendaraan barang tetapi digunakan untuk mengangkut orang” terangnya, Senin (26/10/2020).

Operasi Zebra yang digelar dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas di tengah mewabahnya covid-19 di Wilayah Kabupaten Sumenep itu dilaksanakan selama 2 minggu, yakni mulai 26 Oktober – 8 November 2020. Dalam apel gelar pasukan tersebut, Kapolres Sumenep menyematkan pita kepada perwakilan peserta apel, sebagai tanda dimulainya operasi.

“Sektor transportasi di Sumenep semakin hari semakin bertambah, seiring bertambahnya jumlah penduduk. Namun sayangnya hal itu tidak diiringi oleh peningkatan sarana dan prasarana jalan. Nah itu tentu saja bisa menyebabkan kesemrawutan dan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Namun ia mengaku bersyukur, karena berdasarkan analisa dan evaluasi satlantas Polres Sumenep, angka laka lantas di Kabupaten Sumenep mengalami penurunan jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Jummlah laka lantas pada tahun Januari – September 2019 sebesar 136 kasus. Sedangkan pada periode yang sama tahun 2020, angka laka lantaa sebesar 118 kasus atau turun sebesar 15%. “Namun meski demikian, kita tetap melaksanakan kegiatan preventif, sehingga kejadian laka lantas dapat ditekan seminimal mungkin,.terlebih yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” pungkas Darman. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar