Hukum & Kriminal

Pakai Baju Kemenhub, Pelaku Ajak Korban ke Bandara Juanda

Pelaku penipuan yang berkedok menjadi pegawai kementerian Perhubungan diamankan Satgas PAM TNI AL Bandar Udara Juanda.(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Cristianto (45) petugas Kementeriab Perhubungan palsu diamankan petugas SAT PAM Bandara Internasional Juanda, Senin (24/8/2020). Sebelum diamankan, pelaku ini membuat resah warga sekitar Sidoarjo.

Cristianto menjanjikan warga untuk dijadikan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dulu dikenal sebagai PNS. Ternyata janji tersebut hanya tipuan. Dalam menjalankan aksi, pelaku ini mengaku sebagai pegawai Direktorat Jendral Perhubungan Udara, Kemenhub. Bahkan, pelaku juga mengajak para korbannya untuk mendatangi Bandara Udara Internasional Juanda.

“Korban yang tergiur menjadi ASN diajak ke Bandara Juanda untuk diperlihatkan contoh pekerjaannya. Pelaku menunjukkan sejumlah pekerjaan ASN dari ruang tunggu luar. Tujuannya untuk membuat korbanbya percaya dan bayar uang pelicin,” jelas Mayor Laut (T) Ferry Hermawan Komandan Satgaspam Bandara Internasional Juanda, Selasa (25/8/2020).

Tak hanya itu, kamera pengawas juga menangkap sejumlah kegiatan pelaku bersama korban di Bandara Juanda. Dalam melakukan aksinya, pelaku selalu memakai pakaian Kementerian Perhubungan.

Lebih lanjut Mayor Ferry menjelaskan, pelaku terekam kamera pengawas beberapa kali di hari kerja.

“Pelaku kita amankan usai melakukan pengintaian empat hari. Saat itu pelaku usai menjelaskan ke korban di bandara. Selanjutnya kita intai dan usai bukti cukup kuat, kita lakukan penangkapan,” paparnya.

Karena tampak mencurigakan, petugas awalnya mendatangi pelaku. Hanya saja sejumlah percakapan nampak tak nyambung dan hal itulah yang membuat petugas curiga. Sampai akhirnya pelaku selalu menjadi fokus perhatian petugas.

“Awalnya kita curiga kenapa kok ada petugas Dirjen Hub Udara. Setelah kita telisik dan amati ternyata ada dugaan penipuan. Sampai akhirnya kita dapat bukti kuat dan melakukan pengamanan pelaku,” pungkasnya. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar