Hukum & Kriminal

Pacari Pilot Gadungan, Begini Nasib Perempuan Asal Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi berhasil mengungkap kasus penipuan berkedok pilot gadungan. Pria asal Kabupaten Sumba, Nusa Tenggara Timur bernama Thofan Purnama tersangkanya.

Berdalih sebagai seorang pilot yang bertugas di salah satu maskapai, Dia berhasil menipu korbannya seorang perempuan asal Banyuwangi. Awalnya, pelaku dan korban kenalan melalui aplikasi sosial media miChat. “Ditangkap berdasarkan laporan dari koran yang mengaku telah ditipu oleh seorang pria,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin, Kamis (21/1/2021).

Setelah intens berkomunikasi, keduanya lalu menjalin kasih. Hingga puncaknya si perempuan dijanjikan untuk bertemu dengan orang tuanya. “Pelaku kemudian meminjam sejumlah uang untuk keperluan pribadi,” ungkapnya.

Kemudian, korban juga sempat dibelikan sebuah tiket pesawat. Namun lantaran tak yakin dengan perilaku pacarnya itu, korban mendatangi Bandara Internasional Blimbingsari, Banyuwangi. “Lalu apa yang didapat, ternyata tiket palsu dan pria yang mengaku pilot juga tidak ada namanya di maskapai,” katanya.

Sebelumnya, pria ini memang tampil layaknya seorang pilot. Berdandan ala penerbang bak seorang kapten, dirinya mengelabui korbannya. “Ada 10 barang bukti, termasuk seragam pilot lengkap dengan ID Card dan pangkatnya, dan tiket palsu,” jelasnya.

Sejauh ini terdapat satu korban yang berhasil diungkap. Begitu pula yang diakui oleh pelaku. “Baru satu kali ini, uangnya buat keperluan sehari-hari selama di Banyuwangi. Saya pegawai serabutan,” terang Thufan dalam percakapan dengan Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar