Hukum & Kriminal

Over Kapasitas, Penghuni Lapas Bangkalan Tidur Berdesakan

Kepala Lapas Bangkalan Ahmad Fauzi

Bangkalan (beritajatim.com) – Kondisi Lembaga Pemasyarakatan Kelas ll B di Kabupaten Bangkalan, saat ini cukup memprihatinkan. Pasalnya, kapasitas yang harusnya dihuni oleh 116 orang, sekarang menampung 497 Narapidana dan Tahanan.

Akibat over kapasitas, Napi maupun tahanan harus tidur berdesakan di dalam Rutan yang dibangun sejak 1900 oleh pemerintah kolonial Belanda itu. Kepala Lapas Kelas ll B Bangkalan, Ahmad Fauzi mengatakan, banyaknya kasus yang berhasil diungkap membuat banyak napi titipan yang ditempatkan di Rutan terus bertambah.

“Harusnya untuk rutan ini kapasitasnya 116 namun sampai hari ini ada 497 jadi sangat over,” terangnya, Kamis (27/2/2020).

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut, terdapat 250 napi titipan dari berbagai instansi hukum yang ada di Bangkalan. Ia berharap, napi-napi itu segera dapat putusan hukum. “Ada 250 kalau napi titipan. Namun selama setahun ini sudah banyak perbaikan di lingkungan rutan. Dulu saya baru masuk sini kumuh banget, sekarang bisa kita lihat bersama sudah ada perkembangan,” pungkasnya. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar