Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Otak Pencurian Motor di Kos Surabaya Ditangkap saat Pulang dari Madura

Zaeni saat diamankan di Polsek Tambaksari

Surabaya (beritajatim.com) – Pelarian Husain alias Zaeni (39) rekan kakek Choirul Anam yang melakukan pencurian di Kos Kapas Madya, Surabaya, Rabu (18/5/2022) usai ditangkap Tim Anti Bandit Polsek Tambaksari. Zaeni ditangkap usai pulang dari menjual motor curian di Madura, Selasa (24/5/2022).

Kapolsek Tambaksari, Kompol M Akhyar mengatakan, Zaeni sempat melarikan diri ke Madura dan pihaknya kesulitan karena selaku berpindah tempat. Saat itu, ia memerintahkan anggotanya selain mengejar juga melakukan penyanggongan di Pos Keluar Jalan Suramadu.

Alhasil, Zaeni ditangkap saat mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kedung Cowek. “Usai melancarkan aksi hingga menjual motor hasil curian, tersangka bersembunyi di sebuah dusun di Madura. Informasinya, dia selalu berpindah tempat bersembunyi,” ujar Akhyar, Kamis (26/5/2022).

Dari penangkapan tersebut, Zaeni mengaku jika motor yang ia curi telah dijual ke penadah dengan harga Rp1.250.000,- di daerah Bangkalan dengan bantuan seseorang berinisal H yang saat ini masih dikejar polisi.
“Untuk penadah masih kita selidiki lebih dalam,” imbuh Akhyar.

Diberitakan sebelumnya, Choirul Anam (56), kakek-kakek yang indekos di Jalan Kapas Madya nekat mencuri motor bersama rekannya Z, Rabu (18/05/2022). Namun, Z berhasil kabur dari polisi dan saat ini ditetapkan buron.

Kapolsek Tambaksari, Kompol M Akhyar menjelaskan, kejadian tersebut terjadi di Jalan Kapas Madya 3-H/45, Tambaksari, Surabaya. Awalnya, Anam sedang beristirahat di tempat kosnya. Ia lalu didatangi teman lamanya Z yang ingin meminjam uang.

Namun, saat itu Anam mengaku tidak punya uang. Karena sama-sama tak punya uang, Z lantas mengajak Anam untuk mencuri motor milik tetangga kosnya.

“Jadi kedua tersangka ini bersekongkol, sudah merencanakan pencurian motor tersebut. Untuk modusnya yakni berpura-pura meminjam motor korban untuk beli cat, terus kunci motornya digandakan,” jelas Akhyar, Senin (23/5/2022). [ang/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar