Hukum & Kriminal

Ops Zebra Semeru 2019 di Gresik Didominasi Dua Pelanggaran Ini

Gresik (beritajatim.com) – Hari ketiga Operasi Zebra Semeru 2019 di wilayah hukum Polres Gresik, didominasi oleh pengendara motor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat. Selain itu, penggunaan helm yang tidak standart menempati pelanggaran di urutan kedua.

Berdasarkan data Satlantas Polres Gresik, urutan pertama pelanggaran ditempati kelengkapan surat-surat, yakni ada 411 pengendara yang ditindak. Sedangkan penggunaan helm tak standart ada 330 pengendara.

Jumlah tersebut, mengalami kenaikan dibanding tahun lalu dengan periode yang sama. Dimana, pengendara motor yang tidak melengkapi surat-suratnya mencapai 107 orang. Sementara yang tidak memakai helm ada 177 pengendara.

“Ada kenaikan pelanggaran bagi pengendara yang tidak melengkapi surat-surat sama penggunaan helm yang tidak standart,” ujar Kasat Lantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra, Sabtu (26/10/2019).

Disamping dua pelanggaran tersebut, Satlantas Polres Gresik telah menilang 1.343 kendaraan roda dua dan roda empat. Angka tersebut dibandingkan dengan tahun 2018, mengalami kenaikan. Pasalnya, tahun lalu ada
769 kendaraan yang ditilang.

“Pada hari ke-3 ini, total jumlah kendaraan yang ditilang ada 1343 unit. Naik 769 kendaraan dibanding tahun lalu yaitu 574 kendaraan,” ujar AKP Erika.

Dia menambahkan, jumlah teguran atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan roda dua dan roda empat tiga hari ini sebanyak 25 kali. Menurutnya, angka itu selisih 23 teguran dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 2 teguran. “Kalau untuk jumlah teguran total ada 25 pengendara yang ditegur pada hari ke-3 ini, naik dibanding tahun sebelumnya,” tuturnya.

“Kami juga melakukan edukasi terhadap pengendara motor agar tertib dalam berlalulintas untuk menekan angka kecelakaan. Sekaligus meneribkan para pengendara yang masih melanggar tata tertib lalu lintas selama berkendara,” ungkapnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar