Hukum & Kriminal

Operasi Patuh Semeru 2020, Polisi Gresik Bagikan Ribuan Masker

Gresik (beritajatim.com)– Satlantas Polres Gresik membagikan ribuan masker. Hal itu dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2020, hari ke-empat. Pembagian masker dilakukan karena masih adanya pandemi Covid-19.

Selain itu, Satlantas juga menempelkan stiker protokol kesehatan di Terminal Angkot Gresik, Simpang Empat Kebomas, Alun-Alun Kota Gresik, dan Jalan Wahidin Sudirohusodo.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto mengatakan, tujuan dibagikannya masker ini untuk masyarakat yang tidak menggunakan pelindung diri penutup hidung dan mulut sewaktu beraktivitas di luar.

“Selain membagikan masker, kami juga menempelkan stiker protokol kesehatan di angkot agar penumpang mematuhi protokol kesehatan,” katanya, Minggu (26/7/2020).

Ia menambahkan, personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020 itu juga memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan supaya lebih disiplin melakukan pola hidup sehat.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat tetap mengkedepankan penegakan protokol kesehatan. Sebab, hal tersebut merupakan kunci mencegah penyebaran virus Covid-19,” imbuhnya.

Diakui Yanto Mulyanto, pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020 ini memang berbeda dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya, sesuai instruksi pimpinan, operasi ini lebih fokus ke preventif ketimbang represif. Kendati demikian, personel di lapangan tetap melaksanakan tugas secara mobile di lapangan. “Ada enam skala prioritas yang dilakukan penindakan terhadap pengguna jalan,” tuturnya.

Keenam skala prioritas itu, lanjut dia, antara lain pengendara yang melawan arus, pengendara motor tanpa menggunakan helm, pengguna jalan tidak memiliki SIM. Selanjutnya, menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi roda empat tidak menggunakan safety belt, dan berkendara dalam keadaan mabuk. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar